DetikNews
Sabtu 05 April 2014, 14:48 WIB

Mengapa Penipu SMS 'Anda Pemenang Telkomsel Rp 75 Juta' Hanya Dibui 4 Bulan?

- detikNews
Mengapa Penipu SMS Anda Pemenang Telkomsel Rp 75 Juta Hanya Dibui 4 Bulan?
Jakarta - Tiga pelaku penipuan via SMS 'Selamat, Anda Pemenang Telkomsel Rp 75 Juta' hanya dibui 4 bulan penjara. Ketiganya adalah warga Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) yaitu Sofyan (21), Kardi (25) dan Ramli (23). Hukuman 4 bulan penjara itu sesuai tuntutan jaksa.

"Terdakwa bersikap sopan di persidangan," kata majelis hakim yang tertuang dalam putusan Pengadilan Negeri (PN) Sengkang yang dilansir di website Mahkamah Agung (MA), Sabtu (5/4/2014).

Duduk selaku ketua majelis yaitu Slamet Setio Utomo dengan hakim anggota Firmansyah Irwan dan Pipit Christa A Sekewael. Ketiganya menyatakan alasan lain yang meringankan yaitu para terdakwa belum pernah dihukum. Selain itu ketiganya juga berterus terang dan tidak menyulitkan jalannya persidangan.

"Para terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi," putus majelis pada 30 Desember 2013 lalu.

Kasus bermula warga Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Santi, menerima SMS pada 1 November 2013 lalu. SMS itu berbunyi 'Selamat, Nomor Anda Resmi Mendapat Hadiah dari PT Telkomsel sebanyak Rp 75.000.000. Untuk info lebih lengkap hubungi kantor pusat 085328222768 atas nama Drs H Heri'.

Atas SMS ini Santi lalu tertarik dan menghubungi nomor yang tertera di SMS tersebut dan mentransfer Rp 4 juta untuk biaya administrasi hadiah. Ternyata semuanya palsu.

"Perbuatan para terdakwa menimbulkan kerugian bagi saksi Santi," cetus majelis hakim.

Ketiga pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara. Pasal warisan penjajahan Belanda tersebut berbunyi:

"Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun"



  • Mengapa Penipu SMS Anda Pemenang Telkomsel Rp 75 Juta Hanya Dibui 4 Bulan?
  • Mengapa Penipu SMS Anda Pemenang Telkomsel Rp 75 Juta Hanya Dibui 4 Bulan?

(asp/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed