DetikNews
Jumat 28 Maret 2014, 05:05 WIB

Polisi Amankan Kawanan Maling Motor Berjimat Tali Pocong

- detikNews
Jakarta - Aksi pencurian motor di Cempaka Putih masih marak terjadi. Setelah 2 hari yang lalu 3 perampok ditembak mati, kini polisi menangkap 2 orang pencuri di kawasan yang sama. Kedua pencuri asal Bogor tersebut mengikatkan tali pocong di perutnya sebagai jimat.

"Saat mencuri, pelaku mengikatkan tali pocong pada perutnya, dan itu menurut pelaku bisa membawa keberuntungan," kata Kapolsek Cempaka Putih Kompol Tofik kepada wartawan, Kamis (27/3/2014).

Penangkapan tersebut bermula pada Kamis (27/3) dini hari saat petugas patroli Polsek Cempaka Putih mendengar teriakan 'maling' dari seorang warga berulang kali. Polisi langsung mengejar 2 orang pencuri yang mengendarai motor Honda Supra X warna hitam bernopol F 3693 JM tersebut.

"Pelaku berhasil kami tangkap di Jalan Rawa Sari, Cempaka Putih. Awalnya mereka berusaha melawan dengan sebilah badik, namun berhasil kami lumpuhkan," ujar Tofik.

Kedua pelaku gagal mencuri sepeda motor milik warga tersebut. "Jadi awalnya mereka mau nyuri, tapi karena kepergok pemiliknya, mereka langsung kabur," kata Tofik.

Kedua pelaku ini adalah Mahfudin (25) warga Satus Rt 02/07 Bale Kambang, Jonggol, Bogor dan Aca Ajen 3(9), warga Cikutamahi RT 02/02 Cikutamahi, Cariu, Bogor. Mereka mengaku telah puluhan kali mencuri motor di kawasan Cempaka Putih dan selama ini selalu aman berkat tali pocong itu.

"Pelaku mengaku mendapatkan tali pocong tersebut dari seorang dukun di Bogor," kata Tofik.

Selain tali pocong, para pelaku ini juga mendapatkan sebilah badik dari dukun. Badik tersebut digunakan untuk menakut-nakuti korban dan menambah rasa percaya diri mereka saat menjalankan aksinya.

"Pengakuan pelaku, hampir setiap malam mereka dapat motor," ujarnya.

Motor-motor tersebut biasanya mereka jual kepada para preman. Setiap unit motor rata-rata dijual dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 5 juta tergantung jenis motornya.

"Pelaku selalu menjual kepada para geng motor, karena geng motor kebanyakan menggunakan motor bodong,” papar Taufiq.

Kini keduanya ditahan di Mapolsek Cempaka Putih. Mereka dijerat KUHP pasal 363 dengan ancaman 5 tahun penjara.



(kff/mpr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed