DetikNews
Rabu 19 Maret 2014, 16:54 WIB

Sebelum Meninggal, Tersangka Korupsi Videotron Sempat Sesak Nafas di Rutan

- detikNews
Jakarta - Mantan Kepala Biro Umum Kementerian Koperasi dan UKM Hasnawi Bachtiar mengeluhkan sesak nafas saat berada di Rutan Cipinang. Petugas Rutan langsung membawa Hasnawi ke RS Pengayoman sebelum dirujuk ke RS Polri Kramat Jati, Jaktim kemarin (18/3).

"Laporan dari petugas pukul 02.00 WIB Selasa (18/3) dini hari, dia mengalami sesak nafas karena gula darahnya tinggi," kata Kepala Rutan Cipinang, Agus Heryanto saat dikonfirmasi, Rabu (19/3/2014).

Sempat dirawat di RS Pengayoman yang berada di dekat Rutan Cipinang, tim dokter memutuskan merujuk Hasnawi ke RS Polri pada siang harinya.

"Karena alat kurang memadai, petugas kami mengawal ke RS Polri. Pada pukul 23.00 WIB kami dapat kabar Hasnawi sudah meninggal," sebutnya.

Pihak Rutan belum mengantongi diagnosa atas penyakit yang menyebabkan Hasnawi meninggal. Saat berada di Rutan, Hasnawi tidak mengeluhkan penyakit yang mungkin diderita.

"Akhir-akhir ini nggak ada keluhan sakit," ujarnya.

Kasus videotron di Kementerian Koperasi terungkap bermula dari laporan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan semester I tahun 2013. Dalam audit BPK itu disebut adanya penggelembungan harga pengadaan videotron di Kementerian Koperasi.

Dari hitungan sementara jaksa, kerugian karena penyimpangan proyek itu mencapai Rp 17 miliar. Kejaksaan menetapkan tiga orang tersangka.

Mereka adalah pejabat pembuat komitmen (PPK), yang juga Kepala Bagian Umum Kementerian Koperasi, Hasnawi Bachtiar, panitia penerima barang, Kasiyadi; dan Direktur Utama PT Imaji Media, Hendra Saputra, rekanan proyek.

Hasnawi ditahan di Rutan Cipinang dan Hendra di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Pemenang tender proyek ini adalah PT Imaji Media, milik Riefan Avrian, putra Menkop Syarief Hasan. Kementerian Koperasi membeli media tersebut pada 2012 dengan APBN 2011.




(fdn/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed