DetikNews
Minggu 16 Maret 2014, 14:43 WIB

Ini Keluhan Warga Riau Pada SBY Soal Kebakaran Hutan

- detikNews
Ini Keluhan Warga Riau Pada SBY Soal Kebakaran Hutan
Pekanbaru - Presiden SBY menemui perwakilan warga dari sejumlah kabupaten di Riau yang menjadi korban kebakaran hutan. Presiden SBY meminta kerjasama warga dalam menangani dan mencegah kebakaran hutan.

Minggu (16/3/2014), SBY menemui perwakilan warga di SD Negeri 10 Minas Timur, Jl Bypass, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. SBY didampingi oleh Mensesneg Sudi Silalahi, Menko Kesra Agung Laksono, Menhut Zulkifli Hasan, Mendagri Gamawan Fauzi, Kepala BIN Marciano Norman dan Gubernur Riau Annas Maamun.

Kursi-kursi kayu sekolah disiapkan untuk Presiden SBY dan rombongan. Bersama perwakilan warga, SBY dan menteri-menteri duduk melingkar saling berhadapan.

Pertemuan digelar di tengah lapangan olahraga sekolah tersebut. Matahari sejak pagi tertutup kabut asap. Asap tipis masih menyelimuti langit. Hujan rintik-rintik turun ditengah pertemuan tersebut. Namun tetesan air tidak menghalangi warga dan Presiden SBY untuk saling tukar informasi dan mencari solusi.

"Saya datang untuk melakukan peningkatan tanggap darurat asap, Insyaallah dalam waktu 3 minggu bisa kita atasi. Kalau seminggu api bisa dipadamkan, jaga 2 minggu kedepan. Kita akan pikirkan kebijakan agar Riau ke depan tidak seperti ini," tutur SBY membuka pertemuan tersebut.

"Silakan, sampaikan apa yang terjadi, yang diketahui, didengar dan dirasakan," lanjut SBY.

Syahrial, warga Kampar menceritakan kepada SBY bawah desanya banyak lahan gambut sering terbakar ketika musim kemarau. Syahrial berharap pemerintah memberikan bantuan pompa-pompa air untuk mengatasi kebakaran lahan mereka.

"Untuk menjangkau titik api sulit, kami mohon difasilitasi pompa yang bisa menjangkau lebih jauh," ungkapnya.



  • Ini Keluhan Warga Riau Pada SBY Soal Kebakaran Hutan
  • Ini Keluhan Warga Riau Pada SBY Soal Kebakaran Hutan

(mpr/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed