DetikNews
Jumat 07 Maret 2014, 17:32 WIB

Ada SMS di HP Korban, Ini Motif Satu Keluarga Asal Pekalongan Bunuh Diri

- detikNews
Ada SMS di HP Korban, Ini Motif Satu Keluarga Asal Pekalongan Bunuh Diri
Semarang - Aksi bunuh diri yang dilakukan satu keluarga dan menyebabkan empat orang tewas di Pekalongan dan Cirebon disebabkan masalah ekonomi. Hal itu diperkuat dengan temuan pesan singkat di telepon seluler salah satu korban di Pekalongan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Dwi Priyatno mengatakan Anita (58) dan dua anaknya, Roy Rudjito (39) dan Lisnawati (41) serta cucunya, Deni Ricardo (11) diduga kuat melakukan bunuh diri karena terlilit utang untuk menjalankan usahanya.

"Karena utang, harus dibayar, kemudian yang meminjamkan menagih. Merasa tidak mampu, tertekan, sehingga mencari keputusan yang tidak kita harapkan, bunuh diri," kata Kapolda usai apel pemilu 2014 di Mapolrestabes Semarang, Jumat (7/3/2014).

"Tidak ada unsur pemaksaan misalnya dipaksa meminum dengan mencekik," imbuhnya.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Alloysius Liliek Darmanto menambahkan dari telepon seluler Lisnawati di Pekalongan, ditemukan pesan singkat yang belum dikirim. Pesan tersebut ditujukan untuk Tuhan yang mengungkapkan kalau mereka sudah tidak kuat menjalani hidup.

"Pesannya pendek, intinya surat kepada Tuhan karena tidak kuat hidup," pungkas Liliek kepada detikcom.

Anita dan Roy Rudjito ditemukan tewas di hotel di Cirebon hari Jumat (28/3) lalu. Dalam waktu hampir bersamaan, Lisnawati dan anaknya (cucu Anita), Deni Ricardo, juga tewas di rumahnya di Perumahan Duta Bahagia no 7 RT 1 RW 5, Kraton Lor, Kelurahan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Dari hasil olah TKP di Pekalongan, polisi menemukan gelas berisi cairan racun dan beberapa paket racun tikus yang masih utuh. Sementara di Cirebon, ada satu korban selamat yang saat ini masih dirawat, yaitu Sasa, kekasih Rudjito. Dari hasil pemeriksaan laboratorium forensik terhadap sampel, racun itu mengandung klorin atau cairan yang biasa dipakai untuk pembersih lantai.



  • Ada SMS di HP Korban, Ini Motif Satu Keluarga Asal Pekalongan Bunuh Diri
  • Ada SMS di HP Korban, Ini Motif Satu Keluarga Asal Pekalongan Bunuh Diri

(alg/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed