DetikNews
Jumat 07 Maret 2014, 17:28 WIB

Indonesia-Iran Sepakat Perangi Ekstrimisme

- detikNews
Indonesia-Iran Sepakat Perangi Ekstrimisme Mohammad Javad Zarif dan Presiden SBY (Foto: Abror/Rumgapres)
Jakarta - Menlu Iran Mohammad Javad Zarif menemui Presiden SBY untuk membahas sejumlah kerja sama Iran-Indonesia. Salah satunya soal memerangi ekstrimisme.

"Iran dan Indonesia berupaya dalam memerangi ekstrimisme, mempromosikan sikap-sikap yang moderat, terutama menampilkan antara demokrasi, Islam, dan modernisasi sehingga dapat saling berjalan bersama," kata Menlu Marty Natalegawa dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Jumat (7/3/2014).

Indonesia-Iran juga sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Marty mengklaim tidak ada satu pun masalah yang mengganggu hubungan kedua negara.

"Hubungan baik dan penuh persahabatan sudah lama terjalin antara Indonesia dan Iran," imbuhnya.

Selain itu, kedua negara berupaya mencari peluang baru dalam peningkatan hubungan bilateral di bidang eknonomi, teknologi dan penelitian, juga bidang energi. Dengan potensi sangat besar yang dapat dikembangkan kedua negara, penguatan kerja sama RI-Iran terus dilakukan termasuk melalui optimalisasi mekanisme bilateral.

Situasi di Timur Tengah, khususnya Suriah dan Palestina, tak luput dari pembahasan kedua pemimpin. Baik Indonesia maupun Iran merupakan pemain penting dalam diplomasi di tingkat regional dan internasional yang aktif memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang serta mengupayakan perdamaian dan keamanan dunia.

"Indonesia berpandangan bahwa Iran perlu dilibatkan dalam penyelesaian konflik di Suriah. Adanya kesamaan pandangan antara RI-Iran, bahwa permasalahan hanya bia diselesaikan dengan jalur diplomasi, tidak dengan jalur kekerasan," papar Marty.



  • Indonesia-Iran Sepakat Perangi Ekstrimisme
    Mohammad Javad Zarif dan Presiden SBY (Foto: Abror/Rumgapres)
  • Indonesia-Iran Sepakat Perangi Ekstrimisme
    Mohammad Javad Zarif dan Presiden SBY (Foto: Abror/Rumgapres)

(mpr/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed