DetikNews
Rabu 05 Maret 2014, 10:15 WIB

PT KCJ Operasikan Kereta Terpanjang Seri 205

- detikNews
PT KCJ Operasikan Kereta Terpanjang Seri 205
Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai mengoperasikan KRL satu rangkaian dengan formasi sepuluh kereta. Kereta yang digunakan adalah seri 205 buatan Jepang.

"Kita menjalankan kereta terpanjang dengan 10 kereta. Kereta ini digunakan supaya bisa lebih banyak angkut penumpang," kata Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo, dalam jumpa pers di Stasiun Juanda Jl. Ir. H. Juanda 1, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (5/3/2014).

Pada seri 205 ini, dua dari 10 kereta dalam tiap rangkaiannya memiliki fasilitas kursi yang dapat dilipat untuk memaksimalkan kapasitas penumpang pada jam-jam sibuk.

"Tapi di kita tempat duduk tidak dilipat. Kita khawatir di gerbong naik ibu hamil, orang tua jadi kita tetap kasih toleransi kursi tidak dilipat," sambung Handoyo.

Untuk sementara, KRL seri 205 ini hanya beroperasi di lintas Bogor-Jakarta Kota. Lintasan ini, menurut Handoyo, telah memiliki prasarana yang mendukung pengoperasian formasi sepuluh kereta setelah adanya perpanjangan peron stasiun yang dilakukan PT KAI Daerah Operasi 1 sejak tahun 2013.

Dengan 2 kereta tambahan dalam seri 205 ini, PT KCJ menyebut daya tampung kereta bertambah 400 orang penumpang.

PT KCJ memastikan pelayanan bagi penumpang di KRL seri 205 ditingkatkan. Petugas pelayan kereta akan ditempatkan di kabin belakang. "Kereta yang kami jalankan lebih baik dari sebelumnya," ujar Direktur Komersial KCJ, Makmur Syaheran.



  • PT KCJ Operasikan Kereta Terpanjang Seri 205
  • PT KCJ Operasikan Kereta Terpanjang Seri 205

(fdn/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed