DetikNews
Rabu 26 Februari 2014, 20:31 WIB

Pekanbaru Dikepung Kabut Asap, Seluruh Sekolah Diliburkan

- detikNews
Pekanbaru Dikepung Kabut Asap, Seluruh Sekolah Diliburkan
Pekanbaru - Pemkot Pekanbaru menetapkan status Tanggap Darurat soal kabut asap. Imbasnya, seluruh sekolah, Kamis (27/2) besok akan diliburkan.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional, Pemkot Pekanbaru, Zulfadil mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Rabu (26/2/2014). Dia menjelaskan, keputusan meliburkan ini dilakukan setelah rapat seluruh kepala sekolah negeri dan swasta dari berbagai tingkatan di Pekanbaru.

"Dari hasil rapat tadi sore dan setelah adanya status KLB, maka semuanya sepakat meliburkan siswanya. Ini tentunya juga didukung rekomendasi dari dinas kesehatan yang sudah menyatakan udara di Pekanbaru berstatus tidak sehat," tutur Zulfadil.

Dia menjelaskan, sekolah yang diliburkan mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Terkecuali khusus untuk SMK Kelas III tidak diliburkan karena tengah mengikuti ujian.

"Libur terhitung besok hingga hari Sabtu," kata Zulfadil.

Namun demikian, status libur ini tidak mengikat sepenuhnya. Hal itu tergantung dengan situasi cuaca. Misalkan, jika malam ini terjadi hujan cukup lebat, makanya biasanya asap akan hilang.

"Kalau turun hujan dan asap hilang, ya kita dengan sendirinya tidak libur. Namun hingga akhir pekan cuaca semakin memburuk, maka akan ada kebijakan lain lagi apakah akan diperpanjang atau tidak, akan dirapatkan kembali," kata Zulfadil.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menjelaskan, sejak awal pekan ini, pihak Dinas Pemkot Pekanbaru sudah meliburkan TK dan SD sampai kelas IV. Namun karena kondisi kabut asap semakin pekat, besok seluruh lapisan sekolah di Pekanbaru diliburkan.

"Namun kita mengharapkan, para siswa yang diliburkan tetap diberikan PR dan mereka harus tetap belajar di rumah. Diharapkan peran orangtua untuk mengawasi anak-anaknya agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Ini penting agar terjaga kesehatannya," kata Ayat Cahyadi saat dihubungi secara terpisah.



  • Pekanbaru Dikepung Kabut Asap, Seluruh Sekolah Diliburkan
  • Pekanbaru Dikepung Kabut Asap, Seluruh Sekolah Diliburkan

(cha/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed