DetikNews
Rabu 26 Februari 2014, 15:58 WIB

Tarik Minat Anak Muda Nyoblos, Dosen di Yogya Ciptakan Game Pemilu 2014

- detikNews
Tarik Minat Anak Muda Nyoblos, Dosen di Yogya Ciptakan Game Pemilu 2014 Pencipta dan tampilan Game Pemilu 2014 (Edzan/detikcom)
Yogyakarta - Angka golput di Pemilu 2009 tergolong tinggi, nyaris 40 persen. Untuk meningkatkan jumlah pemilih, terutama kalangan muda, seorang dosen di Yogya menciptakan game pemilu yang bisa dimainkan di gadget-gadget.

Adalah Samuel Henry M Sitorus, Dosen Game Production dan Game desain STMIK AMIKOM Yogyakarta, yang menciptakan game bernama Game Pemilu 2014 ini. Game ini diharapkan mampu menarik minat anak muda untuk mengenal dan menentukan pilihannya dalam Pemilu 2014.

Samuel mengatakan, Game Pemilu 2014 menampilkan informasi tentang capres, partai politik dan program-programnya. Game ini bisa menjadi media kampanye parpol yang edukatif, tanpa harus berkoar-koar di jalan atau di lapangan. Dengan game ini, mereka akan mengenal siapa capresnya dan apa program parpolnya. Di Game ini juga terhubung dengan link video capres yang disediakan resmi oleh parpol.

"Tampilan capres dalam games akan terus diupdate sesuai perkembangan. Sekarang ada 6 capres yang ditampilkan, yang resmi diusung oleh parpol. Semua parpol juga ada, kecuali 2 partai lokal," kata Samuel pada launching Game Pemilu 2014 di Kampus STMIK AMIKOM Yogyakarta, Rabu(26/2/2014).

Game yang diklaim Samuel sangat mudah sehingga bisa dimainkan siswa SMP ini bisa dimainkan di ponsel bersistem operasi Android 2.3.3 atau lebih tinggi. Game sudah tersedia di Google Play atau bisa dibuka lewat www.gamepemilu2014.com.

"Agar tidak melanggar regulasi, pada hari tenang web akan dimatikan. Usai pemilu, web dan data-data juga dimatikan. Game pemilu selanjutnya bisa untuk pemilukada atau lainnya," katanya.

Staf Bawaslu DIY, Dian Dwi Kurniawan mengatakan, Game Pemilu 2014 tersebut harus mengakomodir dan mengikuti aturan di kepemiluan. Pembuat game diminta untuk melakukan koordinasi dengan KPU.



  • Tarik Minat Anak Muda Nyoblos, Dosen di Yogya Ciptakan Game Pemilu 2014
    Pencipta dan tampilan Game Pemilu 2014 (Edzan/detikcom)
  • Tarik Minat Anak Muda Nyoblos, Dosen di Yogya Ciptakan Game Pemilu 2014
    Pencipta dan tampilan Game Pemilu 2014 (Edzan/detikcom)

(trq/trq)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed