DetikNews
Kamis 13 Februari 2014, 18:52 WIB

Forum Pengacara Konstitusi: Pembuat UU Penyelamatan MK Sok Pintar!

- detikNews
Forum Pengacara Konstitusi: Pembuat UU Penyelamatan MK Sok Pintar!
Jakarta - Forum Pengacara Konstitusi (FPK) merayakan kemenangan dengan dihapuskannya UU Penyelamat Mahkamah Konstitusi (MK). Padahal, UU ini dibuat dilatarbelakangi kasus tertangkapnya kasus Akil Mochtar oleh KPK.

Salah satu anggota FPK Andy Muhammad Asrun menganggap pembuat Perpu Penyelamatan MK merupakan orang yang tidak mengerti tentang perundang-undangan.

"Dia tidak ngerti ilmu perundang-undangan. Ini orang awam, atau orang menjadi sok pintar untuk membuat UU. Kami mengajukan JR ini bukan untuk cari muka, muka kami jelas, ada di depan," kata Asrun di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

FPK selaku pemohon uji materi menyambut baik hal ini. Diharapkan rekrutmen hakim MK bisa lebih cepat dan tidak terlalu bertele-tele.

"Dengan putusan hari ini, DPR dapat mencari ganti lebih cepat, untuk Pak Akil dan Pak Harjono yang sebentar lagi pensiun. Saya kira prosesnya bisa lebih cepat," ujarnya.

Akil Mochtar dan Harjono memang dua hakim MK yang berasal dari DPR. Asrun juga mengkritisi peran dari panel ahli yang dianggapnya inkonstitusional.

"Panel ahli mengatasi peran ketiga lembaga itu (Presiden, DPR, MA). kemudian panel ahli tidak dikenal dalam konstitusi. Oleh karena itu sudah tegas putusan MK," ujarnya.

"Satu contoh, distribusi pengajuan calon-calon hakim MK yang diatur dalam UUD 1945 yang mengatakan 3 orang dari presiden, 3 orang dari dpr, dan Mahkamah Agung. Itu kemudian ditegakan kembali pada hari ini, karena memang lembaga-lembaga itulah yang berhak dan berwenang," lanjut Asrun.



  • Forum Pengacara Konstitusi: Pembuat UU Penyelamatan MK Sok Pintar!
  • Forum Pengacara Konstitusi: Pembuat UU Penyelamatan MK Sok Pintar!

(rna/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed