DetikNews
Senin 03 Februari 2014, 13:39 WIB

Hari ke-476 Jokowi

Ahok Bakal Beton Semua Jalan Jakarta yang Bolong, 6 Jam Langsung Kering

- detikNews
Ahok Bakal Beton Semua Jalan Jakarta yang Bolong, 6 Jam Langsung Kering
Jakarta - Jalanan di Jakarta banyak yang rusak akibat banjir dan air hujan. Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan membeton semua jalan yang bolong. Hanya dalam hitungan 6 jam, jalanan yang dibeton bakal kering.

"Nah kita sudah mau menggunakan teknik beton dan teknologi baru semen yang enam jam bisa langsung kering," ujar Ahok di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2014).

Menurut Ahok, betonisasi hanya dalam waktu 6 jam kering ini merupakan teknologi baru. Teknologi ini milik Holcim.

"Ini teknologi baru, sekarang masih kita uji coba kita amatin nyerap airnya ini hebat," ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Teknologi beton 6 jam kering ini diprediksi bertahan selama 5 tahun. Jalan yang dibeton berjumlah 44 ribu meter persegi atau kira-kira 3 persen lebih dari total jalan yang ada. Betonisasi diutamakan di Cilincing dan Tanjung Priok.

"Kita juga rencanakan semua jalur busway kita yang menggunakan tiga sumbu menjadi empat sumbu pakai beton. Jadi kita ingin perkuat semua dengan beton bertulang," kata Ahok.

Namun kendala teknologi itu yakni hujan. Pihaknya bekerja sama dengan BMKG untuk memantau cuaca.

"BMKG kan setiap hari melaporkan. Kayak hari ini, kalau hujan ya nggak boleh kita kerjain," tuturnya.

Teknologi baru tentulah memakan duit yang tidak sedikit. Ahok tidak mempermasalahkan uang yang akan dikeluarkan dari APBD DKI itu.

"Kalau rusak, itu kerugian ekonominya lebih tinggi. Nah kita mau usahakan Jakarta ini supaya nggak bolak-balik memperbaiki jalan yang sama. Sudah macet, jalanannya rusak lagi. Bukan soal biayanya, tapi ekonomisnya. Yang penting dikerjain dengan bagus," demikian Ahok.



  • Ahok Bakal Beton Semua Jalan Jakarta yang Bolong, 6 Jam Langsung Kering
  • Ahok Bakal Beton Semua Jalan Jakarta yang Bolong, 6 Jam Langsung Kering

(nik/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed