detikNews
Kamis 02 Januari 2014, 06:11 WIB

JAT Protes Penggerebekan Densus yang Tewaskan 6 Terduga Teroris

- detikNews
JAT Protes Penggerebekan Densus yang Tewaskan 6 Terduga Teroris
Jakarta - Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) protes atas penembakan terhadap 6 terduga teroris oleh Densus 88 di Ciputat, Tangerang Selatan. JAT menyebut aksi Densus 88 sebagai pembunuhan brutal.

\"Mengutuk dan memprotes keras atas pembunuhan yang dilakukan Densus 88 terhadap 6 orang muslim di Ciputat Tangerang Selatan dengan alasan mereka hanya terduga teroris,\" ujar perwakilan JAT Nanang Ainur Rofiq dalam surat elektroniknya kepada detikcom, Kamis (2/1/2013).

Menurut Nanang, para terduga teroris itu belum terbukti bersalah berdasarkan fakta yuridis di pengadilan. Oleh karenanya dia menyebut tewasnya keenam teroris itu sebagai akibat tindakan extra judicial killing yang dilakukan Densus 88.

\"Hal ini menambah banyak daftar pelanggaran HAM yang dilakukan oleh institusi penegak hukum terhadap ummat Islam, maka kami mendesak kepada pihak yang berkompenten dalam hal ini yaitu Komnas HAM untuk serius mengusut tuntas kasus ini,\" ujarnya.

Nanang mengatakan peristiwa penembakan terhadap para terduga teroris di Tangerang Selatan awal tahun ini mengulang tindakan pembunuhan brutal oleh Densus 88 terhadap 7 aktivis Islam di Makassar dan Bima awal tahun 2013 yang lalu.

\"Ini merupakan tindakan yang selalu dilakukan oleh Kapolri sebagai pengalihan isu terhadap bobroknya penguasa saat ini dan untuk menunjukkan kepada Amerika bahwa mereka sama-sama mempunyai andil dalam memerangi ummat Islam,\" tuturnya.

Nanang menyebut penembakan itu sebagai bagian dari propaganda Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme untuk memerangi umat Islam. \"Mengajak kepada Ulama, Kyai, Para Tokoh dan seluruh elemen umat Islam bersatu dalam mewaspadai propaganda yang dilakukan Densus 88 dan BNPT untuk memerangi Islam dan umat Islam dengan dalih perang terhadap terorisme,\" pungkasnya.




(trq/tfn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com