detikNews
Rabu 25 Desember 2013, 01:04 WIB

Ratusan Calon Jamaah Umrah Terkatung-katung di Bandara Halim

- detikNews
Jakarta - Sekitar 150 orang calon jamaah umrah terkatung-katung di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Mereka tak jadi berangkat ke tanah suci akibat ketidakjelasan keberangkatan yang dijanjikan oleh pihak biro perjalanan umrah.

\\\"Kondisi di sini ramai, ada yang nangis, tapi masih kondusif. Akhirnya kami diusir orang airport,\\\" kata salah seorang calon jamaah umrah bernama Meilinis kepada detikcom, Selasa (24\/12\/2013) malam.

Meilinis menuturkan, ratusan calon jamaah tersebut terdiri dari orang-orang berbagai daerah. \\\"Bandung, Makassar, Lombok, bahkan dari Malaysia. Tapi saya sendiri dari Jakarta saja,\\\" kata Meilinis.

Mereka yang terkatung-katung menanti keberangkatan ke tanah suci akhirnya diusir oleh pihak keamanan bandara. \\\"Tapi tanpa kekerasan kok, cuma dibilangin agar cepat naik mobil dan pulang,\\\" tutur Meilinis.

Meilinis mengisahkan, dirinya dan 28 calon jamaah umrah dijanjikan oleh pihak biro perjalanan berangkat pukul 23.00 WIB. Namun ternyata tidak ada jadwal pesawat yang berangkat dari Halim Perdanakusumah pukul 23.00 WIB.

Nasib merekapun menjadi terkatung-katung sebelum akhirnya pulang ke penginapan. Padahal keberangkatan mereka sudah mengalami penundaan sebanyak empat kali sejak tanggal 17 Desember 2013.

\\\"Kami dari 150 orang ini berasal dari biro perjalanan yang berbeda-beda. Kalau yang dari Malaysia itu disuruh menginap di Hotel Mercure Ancol dahulu. Kalau kami dari biro perjalanan Ziar, disuruh menginap di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah,\\\" tuturnya.

Namun demikian, pihak rekanan biro perjalanan Ziar menyatakan akan tetap mengusahakan agar puluhan calon jamaahnya bisa berangkat ke tanah suci.

\\\"Rekan saya menginformasikan agar jamaah ke Halim jam 23.00 WIB malam. Ternyata infonya nggak ada penerbangan. Kami akan minta ke Ziar dan kami akan mencarikan travel lain agar mereka tetap bisa berangkat umrah,\\\" kata Direktur Karya Usaha Mandiri, perusahaan rekanan Ziar, bernama Deni Sudiana.

Saat ini sudah tak ada lagi calon jamaah umrah yang menunggu di Bandara Halim Perdanakusumah. Mereka sudah diantarkan ke Padepokan Pencak Silat. Sementara yang berasal dari Jakarta, seperti Meilinis, lebih memilih untuk pulang ke rumah.




(dnu/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed