DetikNews
Kamis 28 November 2013, 08:22 WIB

Ini Upaya Para Pengemis Halangi Petugas yang Hendak Menangkap Mereka

- detikNews
Ini Upaya Para Pengemis Halangi Petugas yang Hendak Menangkap Mereka
Jakarta - Tidak mudah bagi petugas Dinas Sosial untuk mengamankan dan membawa para pengemis ke panti sosial yang sudah disediakan pemerintah. Beragam cara dilakukan para pengemis agar terhindar dari penangkapan itu.

Kepala Seksi Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda, mengatakan beberapa kali razia digelar pihaknya kerap mendapati kendala dalam tugas.

\\\"Ada petugas dikencingi oleh seorang ibu yang mengemis di JPO Polda,\\\" kata Miftahul saat berbincang dengan detikcom, Rabu (27\/11\/2013) malam.

\\\"Ada pula yang telanjang pas didekati petugas. Itu supaya petugas enggak mendekat dan tidak menangkap dia,\\\" Miftahul menambahkan.

Dengan aksi-aksi tersebut tentu membuat para petugas geleng-geleng kepala. Persiapan maksimal dilakukan para petugas guna mengamankan mereka. Tak tanggung, untuk menangkap satu pengemis saja dibutuhkan lima hingga sepuluh petugas.

\\\"Kita tidak bisa tiba-tiba menjaring mereka. Harus lihat situasi lalu-lintas atau sekelilingya. Jangan sampai mereka panik lari tanpa disadari ada kendaraan yang melintas dan berakibat menabrak mereka. Itu yang kita hindari,\\\" terang Miftahul.

Ada pula aksi pengemis yang seolah-olah cacat kaki. Namun saat petugas mendekat tiba-tiba saja pengemis tersebut mengambil langkah seribu guna menghindari kejaran petugas.




(ahy/bil)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed