DetikNews
Jumat 15 November 2013, 22:55 WIB

Gali Lubang Septic Tank, Warga di Solo Temukan Peluru Meriam

- detikNews
Solo - Para pekerja galian pembuatan septic tank<\/em> di Kampung Pringgading, Setabelan, Solo, dikejutkan dengan temuan sebuah besi bundar sebesar bola volley. Polisi memastikan benda tersebut adalah peluru meriam masa kolonial.

Meski dinyatakan sudah tidak aktif, polisi tetap mengamankan benda yang sebelumnya terpendam sedalam 3 meter tersebut.

Informasi yang dihimpun, benda tersebut ditemukan para pekerja penggali tanah yang akan dijadikan untuk septic tank<\/em>, Jumat (15\/11\/2013). Saat para pekerja menggali tanah hingga kedalaman 3 meter, cangkul salah satu pekerja terantuk benda keras.

Setelah digali lalu diangkat, ternyata benda itu berupa besi bulat yang sudah terbungkus gumpalan tanah. Benda itu lalu dicuci di Sungai Pepe yang dekat dengan lokasi temuan. Selanjutnya \\\'bola besi\\\' itu dibiarkan saja dan bahkan sempat untuk main-main anak-anak kampung tersebut.

Namun setelah agak lama, beberapa warga mulai mengamati dan menemukan kemungkinan benda tersebut sebagai bahan peledak.

\\\"Beratnya sekitar 5 kg dengan diameter 25 cm. Ada tonjolan pada bola besi itu sehingga warga curiga benda itu mengandung bahan yang bisa meledak. Selanjutnya kami melaporkan temuan itu ke Mapolresta Surakarta,\\\" ujar Teguh, salah seorang warga Pringgading.

Polresta Surakarta juga tak ambil resiko dan segera menghubungi tim Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Detasemen C Polda Jateng di Banjarsari, Solo. Dengan peralatan khusus benda itu lalu dievakuasi ke markas Brimob Kompi Subden 1 Grogol, Sukoharjo.

\\\"Benda itu adalah peluru meriam kuno yang sudah tidak aktif karena amunisinya telah bercampur tanah dan air yang merembes pada tuas lubang sumbu. Meski demikian untuk menjaga segala kemungkinan tetap dievakuasi oleh ahlinya,\\\" ujar Kapolresta Surakarta, AKBP Iriansyah, sembari mengapresiasi kewaspadaan warga atas penemuan benda-benda beresiko tinggi.




(mbr/ahy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed