DetikNews
Rabu 13 November 2013, 11:26 WIB

Laporan Dari Australia

Boediono Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Kampus ANU

- detikNews
Boediono Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Kampus ANU Boediono terima honoris causa dari Australian National University. (Rachmadin/detikcom).
Canberra - Wapres Boediono kembali menerima gelar doktor honoris causa dari kampus terkemuka di Australia. Kali ini, Australian National University (ANU) yang memberi penghargaan tinggi di dunia akademik tersebut.

Gelar tersebut diterima di kampus ANU, Canberra, Australia, Rabu (13\/11\/2013). Perwakilan civitas akademika ANU menyematkan toga tanda gelar itu setelah lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan.

Gelar doktor honoris causa ini diberikan kepada Boediono karena kontribusinya yang besar terhadap pengabdian sosial. Meski tak pernah mendapatkan gelar di ANU, Boediono memiliki kedekatan dengan kampus ini karena pernah jadi asisten peneliti dan terus bekerja sama dalam hubungan ANU dan Indonesia.

Dalam sambutannya, Boediono mengaku sangat bangga dengan gelar tersebut. Dia lalu mengenang masa-masa sulit ketika pertama kali datang ke Canberra.

\\\"Lebih dari 40 tahun lalu saya tiba di ANU untuk menjadi asisten riset. Tapi saya masih ingat jelas, ketika itu musim dingin di bulan Juli 1970 saya tiba di bandara Canberra,\\\" kata Boediono dalam pidato berbahasa Inggris.

Kala itu, Boediono membawa istrinya, Herawati, dan anaknya yang masih bayi. Keluarga kecil itu kemudian dijemput oleh Profesor Heinz Arndt, yang merekrutnya jadi asisten.

\\\"Heinz lalu membawa kami ke rumahnya di Cortina dan menyiapkan sarapan,\\\" kenangnya.

\\\"Saya dan istri tak akan pernah melupakan pelajaran tentang sikap ramah yang ditunjukkan seorang profesor ANU,\\\" sambungnya.

Setelah itu, Boediono menceritakan pengalamannya bergabung dalam proyek tentang Indonesia di Departemen Ekonomi kampus tersebut. Bagi Pak Boed, itulah momen yang paling berharga dalam hidupnya ketika menyangkut soal studi ekonomi.

\\\"Saya menerima dengan bangga dan penuh kerendahan hati penghargaan Doctor of Letters, honoris causa dari Australian National University,\\\" tutup Boediono yang disambut tepuk tangan dan standing ovation para mahasiswa Indonesia di ANU dan kalangan civitas akademika.

Selain Boediono, penerima gelar serupa dari Indonesia adalah Dr Masri Singarimbun, Dr Hadi Soesastro dan Dr Thee Kian Wie.




(mad/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed