DetikNews
Jumat 01 November 2013, 22:10 WIB

Aksi Solidaritas Mahasiswa Untuk Buruh di Yogya Ricuh dengan Polisi

- detikNews
Aksi Solidaritas Mahasiswa Untuk Buruh di Yogya Ricuh dengan Polisi
Yogyakarta, - Aksi solidaritas mahasiswa untuk buruh digelar malam hari. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pusat Perjuangan Mahasiswa Pembebasan Nasional, menggelar aksi di depan gedung agung Yogyakarta, Jumat(1\/11\/2013) malam.

Aksi mahasiswa yang mendukung gerakan buruh dalam menuntut kenaikan upah ini, terlibat kericuhan dengan polisi. Kericuhan bermula saat mahasiswa akan membakar dua ban bekas yang sudah disiapkan. Saat api mulai membakar ban, mahasiswa telah membentuk lingkaran dengan membuat pagar betis.

Saat api mulai membesar, beberapa personel kepolisian langsung maju, dan membubarkan pagar betis mahasiswa. Petugas langsung mengambil ban dan memadamkanya. Bendera-bendera yang dibawa para mahasiswa sempat diambil oleh polisi, namun dikembalikan. Aksi para mahasiswa tetap berlanjut dengan terus berorasi.

Aksi mahasiswa ini, menyatakan dukungan terhadap buruh untuk mogok nasional demi menuntut kenaikan upah. Kenaikan upah sebesar 50 persen, dinilai sangat relevan dengan kondisi saat ini.

\\\"Dukung aksi buruh. Dan hentikan aksi-aksi premanisme ormas untuk menghadang gerakan buruh,\\\"teriak koordinator aksi, Azwar dalam orasinya.

Aksi mahasiswa ini, juga dilakukan dengan menyalakan puluhan lilin, simbol solidaritas untuk buruh. Mereka juga membawa poster-poster diantaranya bertuliskan \\\"kebebasan Berserikat Harga Mati\\\" \\\"Hancurkan Premanisme dan Militerisme,\\\" dan lain-lain.





(mpr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed