detikNews
Kamis 03 Oktober 2013, 01:15 WIB

Pernah Jadi Penyemir Sepatu, Ketua MK itu Akhirnya Ditangkap KPK

- detikNews
Pernah Jadi Penyemir Sepatu, Ketua MK itu Akhirnya Ditangkap KPK
Jakarta - Muka Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar tanpa ekspresi saat digelandang ke gedung KPK. Mengenakan baju kemeja putih, Akil tidak ramah seperti biasanya.

Akil Mochtar lahir pada 18 Oktober 1960. Sebelum menjabat sebagai Hakim Konstitusi, dia adalah anggota DPR dari Fraksi Golongan Karya. Gelar doktor ilmu hukumnya diraihnya dari Universitas Padjajaran, Bandung.

Masa kecil Akil dihabiskan di Putussibau, Kalimantan Barat (Kalbar). Di sebuah desa kecil di pedalaman Kalimantan, dia lalu merantau ke Pontianak untuk melanjutkan sekolah tingkat atas dan kuliah. Untuk menyambung hidup, Akil menjadi tukang semir sepatu dan sopir truk pikap.

Usai menggondol gelar SH, dia mengawali karir di bidang hukum sebagai pengacara pro bono. Lantas dia aktif di organisasi kemasyarakatan. Usai reformasi 1998, Akil bergabung dengan Partai Golkar dan menjadi anggota parlemen dari 1999 hingga 2009. Setelah itu dia menjadi hakim konstitusi.

Akil sempat digoncang bermain perkara pada 2011 lalu. Saat itu pengamat hukum tata negara Refly Harun berkicau adanya permainan perkara di MK. Kala itu, Akil dengan bangganya mengatakan dirinya tidak bersalah sama sekali karena omongan Refly hanya bualan belaka.

\"Alhamdulillah. Sejak isu itu muncul, saya selalu ditanya kebenaran isu itu. Keluarga, teman, kerabat bahkan hingga mahasiswa di ruang kuliah,\" kata Akil pada 2011 lalu.





(asp/trq)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com