DetikNews
Senin 30 September 2013, 19:22 WIB

Lurah di Jakut akan Jepret lalu Pajang Foto Warga Pembuang Sampah di Kali

- detikNews
Lurah di Jakut akan Jepret lalu Pajang Foto Warga Pembuang Sampah di Kali
Jakarta - Sudah menjadi pemandangan umum, kondisi sungai-sungai di Jakarta kotor, hitam, bau, dan dipenuhi dengan sampah. Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan sungai masih rendah.

Di Jakarta Utara, Lurah Kebon Bawang melakukan sebuah terobosan dalam menjaga kebersihan sungai di lingkungannya. Petugas Satpol PP akan dilibatkan dalam mengawasi warganya dalam menjaga kebersihan sungai.

\\\"Kali sudah bersih, jadi nanti kalau ada warga buang sampah ke kali akan ada petugas kami yang memotretnya. Kemudian fotonya akan dibuatkan banner spanduk lalu kita pasang di sepanjang kali ini,\\\" kata Lurah Kebon Bawang, Makmun kepada detikcom, Senin (30\/9\/2013).

Selain memajang foto warga pembuang sampah di spanduk, petugas juga akan meminta KTP dan memanggil RT\/RW dari warga bersangkutan. Makmun optimis gagasan tersebut akan berhasil mengurangi sampah di kal. Karena Makmun meminta dukungan warga untuk mensukseskan langkah ini.

\\\"Upaya ini sebagai efek jera agar tidak membuang sampah sembarangan,\\\" jelasnya.

Sebelumnya ratusan warga dengan PT Pelindo II Tanjung Priok melakukan aksi bersih massal di Kali Swasembada, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (29\/9) kemarin. Selama 6 jam kegiatan itu berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Aksi bersih-bersih kali ini diawali dari Jembatan Gotong Royong sampai ke Jembatan Ampera dengan panjang mencapai 600 meter. Tidak hanya membersihkan sampah, mereka juga memangkas dan membersihkan tanaman liar dan melakukan penanaman pohon. Setelah aksi pembersihan kali, warga diberikan fasilitas dan alat kebersihan seperti tong sampah, jaring sampah dan bak sampah.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat tidak membuang sampah ke kali dan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. \\\"Paling tidak ini menjadi pembelajaran masyarakat jika kali ini bersih banyak manfaat yang bisa didapat,\\\" pungkasnya.




(tfn/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed