DetikNews
Kamis 19 Sep 2013, 20:32 WIB

Keluarga WNI yang Tewas karena Kecelakaan Lalin di Jepang Terima Rp 2,5 M

- detikNews
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang pada Januari 2012 lalu di Jepang menewaskan Udan seorang WNI. Saat itu Udan, WNI asal Bandung, Jabar tengah melakukan magang kerja di negeri matahari terbit itu.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (19\/9\/2013) setelah melalui proses pengadilan, akhirnya ahli waris korban menerima asuransi jaminan kecelakaan dan kematian senilai
23.302.520 Yen atau senilai Rp 2,5 miliar.

Dirjen Pembinaan dan Pelatihan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdul Wahab Bangkona yang diwakili Direktur Bina Pemagangan, Bagus Marijanto secara simbolis menyerahkan santunan tersebut kepada ahli warisnya di kantor
Kemnakertrans.

\\\"Kami turut menyampaikan turut berbelasungkawa, Mungkin uang ini tidak bisa menggantikan nyawa Udan, namun paling tidak, dapat membantu kehidupan ahli warisnya selanjutnya,\\\" tambah Abdul.

Abdul Wahab menambahkan, Udan merupakan peserta pemagangan ke Jepang yang berangkat pada 18 November 2010 (angkatan 22-08\/ke-211), dan melaksanakan program pemagangan di Jepang sebagai operator mesin tekstil pada perusahaan Kita Nihon Bouseki yang berlokasi di Prefecture Ishikawa.

Udan merupakan anak keenam dari enam bersaudara dari pasangan Bapak Ajo seorang petani dan Ibu Uyuh seorang ibu rumah tangga, lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 15 Oktober 1984.

\\\"Namun tanggal 18 Januari 2012 sekitar pukul 06.00 saudara Udan yang mengendarai sepeda sepulang dari tempat kerja menuju ke tempat tinggal, tertabrak oleh sebuah mobil, yang mengakibatkan saudara Udan terlempar sejauh 7-8 meter dan kepalanya membentur tembok
trotoar,\\\" urai Abdul Wahab.

Udan sempat dirawat di RS Nasional Kanaziwa namun nyawanya tidak tertolong akibat pendarahan hebat di otak. Sesuai permintaan keluarga, proses pemulangan jenazah dilaksanakan oleh Direktorat Bina Pemagangan Ditjen Binalattas bekerjasama dengan IM Japan Tokyo berkoordinasi
dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo.

\\\"Jenazah telah dimakamkan pada tanggal 22 Januari 2012 pukul 10.00 WIB di pemakaman keluarga di Kp. Baruahad Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat,\\\" imbuhnya.

Almarhum Udan sudah mendapat santunan dan uang duka dari Plt. Dirjen Binalattas atas nama Menakertrans, uang duka dari IM Japan, dana usaha mandiri, uang duka dari perusahaan, gaji dari tanggal 18-12-2011 s\/d 17-01-2012, dan dana duka dari rekan-rekan almarhum, yang seluruhnya berjumlah ¥ 462,980.

\\\"Kemenakertrans mengapresiasi IM Jepang yang memperjuangkan santunan asuransi Udan, sehingga keluarga almarhum bisa menerima santunan yang cukup besar,\\\" tutupnya.


(ndr/mad)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed