DetikNews
Senin 02 September 2013, 19:06 WIB

Laporan Dari Kazakhstan

Indonesia dan Kazakhstan Bertekad Tingkatkan Kerjasama

- detikNews
Indonesia dan Kazakhstan Bertekad Tingkatkan Kerjasama
Astana - Kerjasama Indonesia dan Kazakhstan mengalami peningkatan pesat dalam satu tahun terakhir, terutama di sektor perdagangan. Dengan adanya kunjungan Presiden SBY ke Kazakhstan, kedua negara bertekad makin meningkatkan kerjasama.

Tekad kedua negara ini disampaikan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev dan Presiden SBY dalam pertemuan bilateral yang digelar di ruang Golden Hall Istana Kepresidenan Ak-Orda, Astana, Senin (2\/9\/2013). Pertemuan bilateral ini dihadiri para menteri dan pejabat terkait kedua negara.

Dalam sambutannya, Presiden Nazarbayev mengucapkan selamat datang atas kehadiran Presiden SBY dan rombongan ke Astana. \\\"Terima kasih atas kunjungan Bapak. Saya teringat kunjungan saya tahun lalu ke Indonesia yang disambut dengan keramahtamahan. Kunjungan Bapak ini sangat berarti untuk meningkatkan kerj sama kita,\\\" kata Presiden Nazarbayev yang juga mengucapkan selamat atas peringatan kemerdekaan ke-68 RI.

Menurut Presiden Nazarbayev, pihaknya sangat tertarik dengan hubungan kerjasama Indonesia. \\\"Indonesia memiliki penduduk yang besar. Kami juga tertarik bekerjasama dengan Indonesia di berbagai bidang, baik bilateral maupun multilateral. Indonesia merupakan salah satu negara berpengaruh di Asia Tenggara, begitu juga Kazakhstan berpengaruh di Asia Tengah,\\\" kata dia.

Dalam pertemuan bilateral, Presiden Nazarbayev dan Presiden SBY bersepakat untuk meniadakan hambatan-hambatan yang menghalangi kerjasama. \\\"Saat bilateral, kami tadi bertukar pandangan, agar tidak ada hambatan-hambatan yang menghalangi kerjasama kita,\\\" jelas Nazarbayev.

Hubungan kerjasama yang baik antara Indonesia dan Kazakhstan juga bisa dilihat dari pembukaan kantor kedutaan besar kedua negara. \\\"Hubungan ini dapat dicatat dengan pembukaan Kedutaan Besar Indonesia di Kazakhstan dan Kedutaan Besar Kazakhstan di Indonesia,\\\" ujar Barzayev. Untuk diketahui, Kedutaaan Besar Indonesia di Kazakhstan dibuka tiga tahun lalu, sementara Kedutaan Besar Kazakhstan di Indonesia dibuka pada tahun lalu.

Data yang didapatkan detikcom dari Kementerian Perdagangan, perdagangan antara Indonesia dan Kazakhstan pada tahun 2012 lalu sebesar US$ 63,156 juta, meningkat 90,5 persen dibandingkan tahun 2011. Tahun 2011, kedua negara mencatat nilai perdagangan sebesar US$ 33,153 juta. Indonesia masih defisit sebesar US$ 46 juta.




(asy/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed