detikNews
Jumat 30 Agustus 2013, 15:37 WIB

PDIP: Soekarno Laik Gantikan Nama Jl Medan Merdeka, Soeharto Tidak

- detikNews
PDIP: Soekarno Laik Gantikan Nama Jl Medan Merdeka, Soeharto Tidak Monas dikelilingi Jl Medan Merdeka
Jakarta - Rencana penggantian nama Jalan Medan Merdeka Barat menjadi Jl Soeharto menuai kontroversi. Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDIP Nusyirwan Soejono tak setuju jika nama Soeharto dipakai untuk menggantikan Jl Medan Merdeka Barat.

\\\"Saya rasa tidak sesuai,\\\" kata Nusyirwan saat dihubungi, Jumat (30\/8\/2013).

Selain nama Soeharto, nama Presiden Pertama RI Soekarno diusulkan menggantikan nama Jl Medan Merdeka Utara. Untuk usulan ini, Nusyiwan sepenuhnya setuju. Sebab, dia memandang Soekarno sudah sangat banyak berjasa untuk bangsa ini.

\\\"Kita semua paham dia (Soekarno-red) adalah proklamator republik ini, yang mendirikan negara ini. Sudah selaiknya, sudah sewajarnya jika pemerintah provinsi DKI memberikan nama itu, karena Jalan Medan Merdeka adalah jalan utama di ibu kota,\\\" ujarnya.

Nusyirwan menilai Soeharto tak bisa disejajarkan dengan Soekarno. Oleh sebab itu, dia menilai nama Soeharto tak laik menggantikan nama Jl Medan Merdeka.

\\\"Menurut saya tentunya itu tidak sebanding. Kalau kita bicara kesejajaran, kenapa kok tidak dijadikan Jalan Soekarno Bagian Barat, Jl Soekarno Bagian Timur. Ini baru keseimbangan dalam mendudukan sesuatu. Sesuai apa yang sudah dilakukan nama yang tercantum untuk negara ini,\\\" tuturnya.




(trq/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com