detikNews
Jumat 30 Agustus 2013, 15:16 WIB

Hari Ke-320 Jokowi

Jl Soeharto Jadi Kontroversi, Ini Tanggapan Jokowi

- detikNews
Jl Soeharto Jadi Kontroversi, Ini Tanggapan Jokowi
Jakarta - Nama Soeharto diusulkan menjadi Jl Medan Merdeka Barat. Langkah ini dinilai kontroversial mengingat Soeharto belum mendapat gelar pahlawan. Lalu apa tanggapan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi)?

\\\"Ya kalau itu kan belum masuk ke saya. Nanti kalau sudah masuk ke saya baru saya matengin,\\\" ujar Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30\/8\/2013).

Menurut Jokowi, perubahan nama empat Jl Medan Merdeka menjadi Jl Bung Karno, Jl Bung Hatta, Jl Soeharto dan Jl Ali Sadikin merupakan penghargaan karena jasa-jasa mereka untuk negara. Rencananya perubahan jalan itu akan disiapkan segera.

\\\"Ya penghargaan terhadap pahlawan. Kemudian, kita ini ingin membangun sebuah rekonsiliasi lewat nama-nama itu,\\\" imbuhnya.

Pecinta kucing ini menyebutkan, perubahan Jl Medan Merdeka itu harus mendapat persetujuan presiden melalui Keppres. Tapi ebelumnya usulan itu harus disetujui Jokowi.

\\\"Oleh sebab itu nanti dari Panitia 17 dibawa ke Gubernur, kemudian Gubernur membuat surat dan disampaikan ke Presiden,\\\" kata Jokowi.

\\\"Kalau Anda sendiri setuju? tanya wartawan.

\\\"Setuju,\\\" jawab Jokowi yang mengenakan baju koko putih dengan sarung coklat dikalungkan di lehernya ini.

Panitia 17 yang terdiri dari Jimly Assidiqqie, Ketua MPR Sidharto Danusubroto cs mengusulkan pada Jokowi agar Jl Medan Merdeka diubah. Jl Medan Merdeka Barat menjadi Jl Soeharto, Jl Medan Merdeka Timur menjadi Jl Ali Sadikin. Jl Medan Merdeka Selatan menjadi Jl Bung Karno, dan Jl Medan Merdeka Utara menjadi Jl Bung Hatta.

Ketua Delegasi Panitia 17 Jimmly Ashiddiqqie menyatakan perubahan nama jalan ini dilatarbelakangi keprihatinan melihat realitas penghargaan masyarakat kepada para pahlawan.

\\\"Kita ada rasa kepedulian makin kurangnya penghargaan

terhadap kepahlawanan. Ada kebutuhan untuk rekonsiliasi

yang luas dari pengalaman sejarah bangsa kita,\\\" kata

Jimmly di MPR, Senayan, Jakarta hari ini.




(nik/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com