detikNews
Jumat 30 Agustus 2013, 14:35 WIB

PKS Tolak Nama Jl Medan Merdeka Barat Diganti Jadi Jl Soeharto

- detikNews
PKS Tolak Nama Jl Medan Merdeka Barat Diganti Jadi Jl Soeharto Monas dikelilingi Jl Medan Merdeka
Jakarta - Rencana pergantian nama Jl Medan Merdeka Barat menjadi Jl Soeharto menuai kontroversi. Lebih baik rencana itu ditangguhkan.

\\\"Ya Pak Harto kalau konsensus sudah memasukkan dia sebagai nama pahlawan saya kira nggak ada masalah. Tapi kalau belum, nanti malah jadi kontroversi. Nanti malah orang yang bukan pahlawan nanti minta dimasukkin jadi nama jalan,\\\" kata anggota Komisi V DPR Yudi Widiana Adia saat dihubungi, Jumat (30\/8\/2013).

Menurut Yudi, sebaiknya nama Jl Medan Merdeka tak usah diganti. Jika pun tujuannya untuk memberi penghargaan kepada para pahlawan, maka sebaiknya diberikan untuk nama jalan baru.

\\\"Nama jalan itu kan sudah melekat dengan masyarakat, menyimpan banyak sejarah. Saya kira jalan-jalan baru lebih baik untuk diberi nama, dan bisa kita berikan kepada pahlawan,\\\" ujar politikus PKS ini.

Tim 17 yang dipimpin Jimly Asshidiqie mengusulkan perubahan nama Jl Medan Merdeka Timur, Jl Medan Merdeka Barat, Jl Medan Merdeka Selatan, dan Jl Medan Merdeka Utara dengan nama-nama mantan presiden dan Gubernur DKI.

Namun, rencana perubahan Jl Medan Merdeka Barat menjadi Jl Soeharto dan Jl Medan Merdeka Timur menjadi Jl Ali Sadikin menuai kontroversi. Sedangkan perubahan nama Jl Medan Merdeka Selatan menjadi Jl Bung Karno dan Jl Medan Merdeka Utara menjadi Jl Bung Hatta akan segera diresmikan pada September 2013.

Gubernur DKI Joko Widodo menyambut baik usulan ini. Dia akan meneruskan usulan ini kepada Presiden SBY. Namun Jokowi baru akan fokus pada perubahan nama Jl Bung Karno dan Jl Bung Hatta.





(trq/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com