DetikNews
Senin 26 Agustus 2013, 23:25 WIB

KPK Buka Kemungkinan Panggil Jero Wacik Usai Periksa Sekjen ESDM

- detikNews
KPK Buka Kemungkinan Panggil Jero Wacik Usai Periksa Sekjen ESDM
Jakarta - Hingga kini KPK belum menjadwalkan untuk memeriksa Menteri ESDM Jero Wacik terkait kasus korupsi di SKK Migas. Jika keterangan Jero diperlukan, maka politisi Demokrat itu akan dipanggil setelah KPK memeriksa Sekjen ESDM Waryono Karno.

\\\"Didahului pemeriksaan Sekjen ESDM, baru jadwal siapa pun yang ada indikasi bukti permulaan yang perlu diklarifikasi dan didalami,\\\" kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqqodas, melalui pesan singkat kepada wartawan, Senin (26\/8\/2013).

Langkah tersebut diambil karena korupsi yang melibatkan Rudi merupakan tindak kejahatan yang sistemik. \\\"Karena konstruksi kasusnya korupsi sistemik,\\\" ujar Busyro.

Busyro tidak menjelaskan kapan KPK akan memeriksa Waryono. Ia hanya memastikan jika KPK akan bergerak secepat mungkin.

\\\"Tim penyidik kasus SKK Migas juga menangani sejumlah kasus lain. Prinsip periksa secepatnya, tetapi penyidik padat kasus dan ada saksi-saksi yang tidak hadir untuk suatu kasus,\\\" jelasnya.

Ketua KPK Abraham Samad sempat menyatakan jika Jero Wacik kemungkinan dimintai keterangan oleh KPK terkait ditemukannya uang USD 200 ribu di ruang sekjen ESDM. \\\"Utamanya untuk dimintai keterangan tentang uang yang ditemukan di ruang Sekjen kementerian ESDM,\\\" ujar Samad saat dihubungi detikcom, Sabtu (24\/8).




(rna/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed