detikNews
Jumat 16 Agustus 2013, 21:47 WIB

Laporan Dari Den Haag

Belanda Tegaskan Hormati Integritas dan Kedaulatan RI

- detikNews
Belanda Tegaskan Hormati Integritas dan Kedaulatan RI Pembukaan Kantor di Den Haag (FWPC)
Den Haag - Klaim pembukaan kantor Free West Papua Campaign (FWPC) di Den Haag yang didukung penuh oleh pemerintah dan para diplomat Belanda ternyata tidak benar. Pemerintah Belanda resmi membantah klaim sepihak itu.

\\\"Pemerintah Belanda sama sekali tidak memberi dukungan dalam bentuk apa pun pada pembukaan kantor tersebut,\\\" demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Belanda melalui Press Officer Aad Meijer menjawab pertanyaan detikcom, Jumat (16\/8\/2013).

Mengenai sejauh mana Belanda mendukung cita-cita FWPC menuju kemerdekaan provinsi Papua dan Papua Barat, Kementerian Luar Negeri Belanda juga menegaskan bahwa pemerintah Belanda sama sekali tidak mendukung.

\\\"Pemerintah Belanda tidak mendukung cita-cita tersebut. Pemerintah Belanda menghormati integritas teritorial dan kedaulatan Republik Indonesia,\\\" tegas Kemlu Belanda.

Haagse Tower<\/strong>

Melalui klaim sepihak, kelompok FWPC sebelumnya menyatakan akan membuka kantor permanen di Den Haag, yang didukung penuh oleh pemerintah Belanda, dengan lokasi di Haagse Tower, Rijswijkseplein 786, 2516 LX Den Haag.

Haagse Tower ini merupakan gedung relatif baru, berketinggian 132 meter dengan 42 lantai. Gedung apartemen yang sebagian dikombinasi dengan restoran dan cafe ini terletak di dekat \\\"red area\\\" dan berjarak kira-kira 100 meter dari Stasiun Holland Spoor.

Pertemuan peluncuran kantor FWPC yang berlangsung pada Kamis (15\/6\/2013) kemarin dihadiri oleh sekitar 30-an orang keturunan Papua di Negeri Belanda, sebagian adalah anak-anak.

Terlihat satu orang Belanda usia 55+ dan satu remaja menghadiri acara ini, tapi tidak tampak ada perhatian dari kalangan arus utama politik, juga sepi dari perhatian media arus utama.

Haagse Tower yang dihubungi detikcom di nomor +31703051000 menyebutkan bahwa kantor yang disebutkan oleh FWPC tersebut secara riil belum ada dan belum dapat dikunjungi.




(es/es)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com