DetikNews
Rabu 31 Juli 2013, 19:58 WIB

Tol Ungaran-Bawen Bisa Dilalui dan Gratis Malam Ini

- detikNews
Tol Ungaran-Bawen Bisa Dilalui dan Gratis Malam Ini Tol Ungaran-Bawen (Angling/detikcom)
Semarang - Meski pengerjaan jalan tol ruas Ungaran-Bawen belum rampung, mulai malam ini pukul 19.30 WIB jalan tol dengan panjang 11,9 KM itu sudah bisa dilalui oleh kendaraan golongan 1 seperti mobil dan minibus selama arus mudik serta balik.

Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo mengatakan walaupun kondisi jalan tol belum sempurna, jalan tol tersebut akan dibuka pada arus mudik H-7 hingga H2 dari arah Ungaran-Bawen sedangkan pada arus balik yaitu H+1 hingga H+7 arus akan dibalik dari Bawen-Ungaran.

\\\"Akan dibuka pada H-7 sampai H+7. Setelah itu ditutup lagi untuk penyempurnaan hingga Insaya Allah selesai Okteber. Mudah-mudahan selesai tepat waktu,\\\" kata Bibit pada acara pembukaan sementara Tol Ungaran-Bawen, Semarang, Rabu (31\/7\/2013).

Paling menarik adalah pengguna jalan sama sekali tidak dikenai biaya selama pembukaan sementara ruas tol Ungaran-Bawen. \\\"Dari Semarang-Ungaran bayar. Dari Ungaran-Bawen gratis tis tis tis,\\\" tegas Bibit.

Direktur Utama Trans Marga Jateng, Jajat Sudrajat menjelaskan, kondisi jalan tol Ungaran-Bawen sudah 90% dan layak digunakan sesuai ijin Kementrian PU tertanggal 25 Juli 2013. Namun kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya golongan 1.

\\\"Nanti dioperasikan dengan kondisi 90%. Sudah mendapat ijin dari Kementrian PU,\\\" tandasnya.

Saat melintas di jalan tol Ungaran-Bawen, pengguna jalan dihimbau agar berhati-hati karena di sejumlah titik, lebar jalan sempit dan terdapat beda tinggi. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, lanjut Jajat, akan dipasangi rambu-rambu dan lampu. Pengendara juga diharapkan tidak melebihi kecepatan 30 Km\/jam pada jalan yang masih bergelombang.

\\\"Mengenai rambu, kami siapkan. Ada rubber cone dan lampu penerangan untuk yang belum selesai,\\\" ujarnya.

Pihak TMJ juga menyiapkan 13 kendaraan berupa dua mobil patroli, dua ambulans, dua mobil derek dan sisanya mobil untuk operasional. Lima posko mudik didirikan di Tembalang, Banyumanik, Ungaran, Bawen, dan di ujung inter section.




(alg/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed