detikNews
Rabu 22 Mei 2013, 18:57 WIB

Di Kaltim, Terdakwa Butuh Waktu 3 Jam Perjalanan ke Pengadilan

- detikNews
Di Kaltim, Terdakwa Butuh Waktu 3 Jam Perjalanan ke Pengadilan Gedung MA (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Tiga Kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim), hingga saat ini belum memiliki gedung pengadilan negeri (PN). Seperti di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), terdakwa harus menempuh perjalanan darat 150 kilometer untuk mengikuti sidang di PN Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

Dua kabupaten lainnya yang belum memiliki gedung PN adalah Kabupaten Mahakam Ulu serta Kabupaten Tana Tidung, di provinsi Kalimantan Utara, sebagai provinsi ke-38 yang baru saja terbentuk.

\\\"Saya minta perhatian tadi di Penajam Paser Utara, dibangun gedung PN karena di kabupaten itu, sudah ada Mapolres dan Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara,\\\" kata Ketua PT Kalimantan Timur, Andi Surya Dharma Belo, kepada wartawan saat berada di PN Tenggarong, Jl A Yani, Kutai Kartanegara, Rabu (22\/5\/2013).

Pernyataan Andi disampaikannya kepada Ketua MA Hatta Ali, di tengah kegiatan peresmian 39 gedung pengadilan yang dilakukan simbolis di PN Tenggarong, pagi tadi.

Menurut Andi, Pemkab PPU sejak tahun 2006 sudah mengusulkan dengan menyediakan lahan untuk pembangunan gedung PN PPU. Itu dimaksudkan untuk memperpendek waktu untuk sampai di pengadilan mengikuti persidangan.

\\\"Sejak 2006 sudah disiapkan tanah (oleh Pemkab PPU) untuk pembangunan pengadilan. Selama ini, terdakwa di PPU, harus mengikuti persidangan di PN Tanah Grogot, Kabupaten Paser, dengan jarak tempuh sekitar 150 kilometer dengan waktu tempuh 3 jam. Kita kan mau mendekati masyarakat pencari keadilan,\\\" ujarnya.

Di kegiatan yang sama, Ketua MA Hatta Ali menyebutkan, diperlukan sedikitnya 5.000 meter persegi untuk merealisasikan pembangunan gedung PN. Tidak hanya gedung, juga terkait perumahan dinas.

\\\"Kalau PN, usulan ke MA untuk pembangunan diajukan oleh bupati atau wali kota. Sedangkan untuk bangunan PT, diajukan oleh Gubernur,\\\" terangnya.




(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com