detikNews
Kamis 02 Mei 2013, 16:25 WIB

Demo Hardiknas di Kantor Gubernur Sulsel, Mahasiswa dan Polisi Bentrok

- detikNews
Demo Hardiknas di Kantor Gubernur Sulsel, Mahasiswa dan Polisi Bentrok Foto: M Nur Abdurahman/detikcom
Makassar - Unjuk rasa puluhan mahasiswa di depan kantor Gubernur Sulawesi Selatan, di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, berlangsung ricuh, Kamis (2\/5\/2013). Massa gabungan beberapa lembaga kampus se-Makassar bentrok dengan puluhan personel Samapta Polrestabes Makassar, pasukan Brimob Polda Sulselbar dan anggota Satpol PP kantor gubernur Sulsel.

Aksi perang batu ini berlangsung sekitar 30 menit. Aparat kepolisian yang menggunakan senjata gas air mata dan tameng dua kali berhasil memukul mundur mahasiswa yang mulai beringas.

Sebelum bentrokan terjadi, puluhan mahasiswa memblokade pintu keluar gedung kantor gubernur dengan membakar ban bekas. Selain itu, para mahasiswa juga melempari pos penjagaan Satpol PP di pintu keluar kantor gubernur dan merusak pagar kantor gubernur.

Emosi mahasiswa mulai terpancing saat keinginannya bertemu dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, ditolak oleh pihak protokol kantor Gubernur Sulsel. Dalam aksinya, para mahasiswa ini menuntut pendidikan gratis sepenuhnya diterapkan di Sulsel dan penolakannya pemberlakuan sistem drop out di kampusnya.

Dalam aksi bentrokan ini, 6 mahasiswa perusuh sempat diamankan oleh anggota Polrestabes. Namun, sesaat kemudian mereka dilepaskan atas perintah Kapolda Sulselbar.

Aksi bentrokan ini menyebabkan kemacetan panjang di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan AP Pettarani dan Jalan Racing Centre.





(mna/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com