DetikNews
Kamis 04 April 2013, 15:53 WIB

Keterlaluan! Mendagri Disambut Ribuan Orang Berbendera GAM di Banda Aceh

- detikNews
Keterlaluan! Mendagri Disambut Ribuan Orang Berbendera GAM di Banda Aceh Foto: Feri Fernandes/detikcom
Banda Aceh - Mendagri Gamawan Fauzi dan rombongan berkunjung ke Banda Aceh terkait qanun tentang bendera dan lambang Aceh. Ribuan orang dari berbagai daerah berkonvoi sambil mengibarkan bendera mirip GAM.

Massa mengelilingi pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, sambil mengarak bendera Bulan Bintang, Kamis (4\/4\/2013). Dalam aksinya, mereka menuntut Pemerintah Aceh untuk berkomitmen tidak mengubah bendera dan lambang Aceh. Konvoi berakhir di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Usai berkonvoi dan \\\'mampir\\\' ke gedung DPRA, massa menuju Pendopo Gubernur, tempat pertemuan Mendagri dan Pemerintah Aceh. Namun di Simpang Kodim 011 Banda Aceh, mereka dihadang ratusan personel keamanan gabungan. Titik ini berjarak 500 meter dari Pendopo.

Rombongan Mendagri disambut Wali Nanggroe Aceh, Malek Mahmud Al-Haytar dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Kemudian mereka menggelar pertemuan tertutup. Hingga kini pertemuan yang membahas persoalan Lambang Singa-Buraq dan Bendera Bulan Bintang yang telah disahkan menjadi Lambang dan Bendera Aceh itu masih berlangsung.

Informasi di lapangan, massa sudah berkumpul sejak tadi malam. Mereka berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman dan Taman Ratu Safiatuffin. Sebelumnya, Senin (1\/4) massa juga berkonvoi dan mengibarkan bendera mirip GAM di Banda Aceh.





(try/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed