DetikNews
Rabu 06 Maret 2013, 21:48 WIB

Puluhan Orang Nyalakan Lilin di Bundaran HI untuk Hugo Chavez

- detikNews
Puluhan Orang Nyalakan Lilin di Bundaran HI untuk Hugo Chavez Foto: Ari Saputra
Jakarta - Puluhan orang yang tergabung dalam Sekber Buruh Jabotabek menyalakan lilin duka cita untuk Presiden Venezuela Hugo Chaves. Selain itu, mereka membentangkan poster dukungan untuk ide-ide dan perjuangan Chaves.

Aksi damai menyalakan lilin ini diikuti oleh sekitar 20 orang baik orang dewasa maupun anak-anak. Mereka memegang spanduk panjang bertuliskan \\\"Solidaritas dan duka cita rakyat Indonesia, untuk hugo Chaves dan rakyat venezuela, Presiden Pro rakyat anti kapitalisme\\\".

\\\"Kami turut berduka untuk sosok hebat seperti Hugo Chaves. Wafatnya Hugo menimbulkan duka yang mendalam bagi seluruh rakyat miskin di seluruh dunia yang mencari jalan pembebasan dari sistem politik ekonomi kapitalis,\\\" ujar Koordinator Aksi, Sultoni di Bundaran HI, Rabu (6\/3\/2013) malam.

Menurut mereka, Chavez sukses membangun masyarakat yang mandiri dan lepas dari pengaruh Barat. Chavez dinilai berani saat melakukan program nasionalisasi dengan mendorong kontrol rakyat terhadap perusahaan swasta yang menguasai hajat hidup orang banyak. Itu dilakukannya untuk menopang seluruh program kerakyatan.

\\\"Pemimpin kita sepatutnya mencontoh perjuangan Chaves yang melakukan nasionalisasi dan anti kapitalisme. Kita baru saja kehilangan orang yang menjadi teladan untuk rakyatnya,\\\" sambung Sultoni.

Dalam catatan mereka, Chaves berhasil membangun sekitar 11.500 pusat kesehatan. Di bidang pendidikan, Chaves menelorkan moto \\\"kebersamaan, mengetahui dan mengerjakan\\\". Sekolah-sekolah didirikannya di mana-mana hingga ke pemukiman terpencil dan tempat suku-suku asli di Pegunungan Chaves. Sekolah untuk masyarakat primitif bahkan digratiskan.

Aksi tersebut akhirnya membubarkan diri setelah sekitar 1 jam. Puluhan polisi berseragam maupun tidak terlihat memantau aksi damai ini dari kejauhan.




(Ari/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed