DetikNews
Selasa 05 Februari 2013, 21:26 WIB

Menhut: Saya Bertanggung Jawab Jika Masih Ada Sirkus Lumba-lumba

- detikNews
Menhut: Saya Bertanggung Jawab Jika Masih Ada Sirkus Lumba-lumba
Jakarta - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan akan bertanggungjawab penuh terkait masih adanya sirkus lumba-lumba di Indonesia. Zulkifli juga akan mendampingi NGO guna pelepasliaran lumba-lumba ke alam bebas.

\\\"Itu ilegal, saya akan mendampingi dimana. Beritahu kalau ada lumba-lumba yang berpindah (untuk sirkus). Kami bertanggungjawab kalau ada pertunjukan keliling,\\\" ujar Zulkifli.

Hal ini dikatakan Zulkifli saat menjawab pertanyaan aktivis penyayang lumba-lumba Richard O Barry dan peserta diskusi \\\"Dolphin Protection\\\" di @america, Pacific Place, Jakarta, Selasa (5\/1\/2013).

Acara ini juga dihadiri Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel, aktivis penyayang lumba-lumba Richard O Barry dan dari Jakarta Animal Aid Network, Femke den Haas.

\\\"Kalau menemui hal-hal seperti tadi, saya ada di depan,\\\" tambahnya.

Sementara itu, Dubes AS untuk Indonesia Scot Marciel mengemukakan bahwa tidak cukup pemerintah yang bergerak. Partisipasi publik sangat diharapkan agar lumba-lumba tidak dieksploitasi.

\\\"Publik harus membantu pemerintah menyelamatkan lumba-lumba,\\\" tuturnya.

Acara yang berlangsung dengan pengamanan ketat ini berjalan lancar. Selain diskusi dengan pembicara, juga diselingi dengan pemutaran film dokumenter eksploitasi lumba-lumba.




(mpr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed