detikNews
Selasa 29 Januari 2013, 17:44 WIB

Kemenlu dan Kemendagri Siapkan DP4 untuk KPU

- detikNews
Kemenlu dan Kemendagri Siapkan DP4 untuk KPU
Jakarta - Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) akan diserahkan dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri kepada KPU pada 7 Februari mendatang. Penyerahan DP4 juga akan dilaksanakan di level daerah untuk selanjutnya menjadi acuan menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) kelak.

\\\"Nanti 7 Februari akan diserahkan kami, Kemendagri bersama Kemlu. Nanti di daerah gubernur kepada KPUD. Semuanya serentak pada 7 Februari. Itu lebih cepat dari jadwal sebenarnya 9 Februari,\\\" ujar Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Hal ini disampaikan Gamawan usai membuka Rakornas Persiapan Penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilihan Umum (DP4) dan Pemantapan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban untuk Mendukung Penyelenggaraan Pemilu 2014, di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Selasa (29\/1\/2013).

Gamawan menjelaskan bahwa DP4 ini bersumber dari database pemerintah daerah yang diintegrasikan dengan perekaman E-KTP. Nantinya, data ini diserahkan dalam bentuk CD fan DVD.

\\\"Kalau data pemilih yang luar negeri, ya ada di Menlu, makanya penyerahannya kami bersama Kemenlu\\\" tutur Gamawan.

Di dalam kesempatan ini Gamawan juga menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan pemilu 2014. \\\"Saya harap DPT-nya akan jauh lebih bagus dari yang lalu,\\\" imbuhnya.




(sip/lh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com