DetikNews
Kamis 17 Januari 2013, 09:25 WIB

Gara-gara Canda Pemerkosaan, Hakim Daming Sunusi Mendunia

- detikNews
Gara-gara Canda Pemerkosaan, Hakim Daming Sunusi Mendunia Daming Sunusi meminta maaf dan menangisi kesalahannya (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Berbagai media internasional melansir candaan Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) M Daming Sunusi \\\'pemerkosa dan korban sama-sama enak\\\'. Dilansir kantor berita asing Amerika dan Eropa, candaan Daming pun jadi obrolan masyarakat seantero jagat.

Seperti dirangkum detikcom, Kamis (17\/1\/2013), media Inggris, BBC menurunkan tulisan \\\'Indonesia anger as judge jokes victims enjoy rape\\\'.

Media Inggris lainnya, Daily Mail juga menulis calon hakim agung ini dengan judul \\\'Judge claims women \\\'enjoy being raped\\\': Indonesian high court justice sparks outrage with sick joke while being interviewed for supreme court job\\\'.

Sebuah media Amerika Serikat, CBS menurunkan berita hakim yang telah meminta maaf ini dengan judul \\\'Indonesia judge suggests rape victims \\\"might have enjoyed it\\\" in interview for Supreme Court job\\\'. Adapun Huffington Post menulis dengan judul \\\'Muhammad Daming Sunusi Rape Comments: Indonesia Judge\\\'s Remarks Spark Massive Outrage\\\'.

Selain itu media negara tetangga, Singapura, Straits Times menulis \\\'Rape remarks by Indonesian judge cause uproar\\\'. Adapun media Malaysia, The Star menulis dengan judul \\\'Rape remarks by Indonesian judge cause uproar\\\'

Seperti diketahui, Daming membuat lelucon di DPR dengan menyebut \\\'yang diperkosa dengan yang memperkosa ini sama-sama menikmati. Jadi harus pikir-pikir terhadap hukuman mati\\\'. Ironisnya, anggota DPR yang mendengarnya turut menyumbang tawa. Atas hal ini Daming mendapat banyak kritik, demikian juga legislator yang menyeleksinya. Namun dengan terbuka Daming telah meminta maaf.

\\\"Saya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, dari lubuk yang paling dalam. Saya menyadari kata-kata itu tidak pantas diucapkan oleh siapa pun, termasuk calon hakim agung. Saya sungguh sangat menyesal,\\\" kata Daming kepada detikcom di Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta.





(asp/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed