DetikNews
Rabu 16 Januari 2013, 20:23 WIB

CCTV di Bendung Katulampa Rusak, Pemantauan Air Dilakukan Manual

- detikNews
Bogor - Satu dari dua kamera Circuit Close Television (CCTV) yang terpasang di Mercu Bendung Katulampa, yang berfungsi untuk memantau ketinggian air Sungai Ciliwung rusak. Kerusakan tersebut sudah terjadi sejak 2 bulan yang lalu yakni bulan November 2012.

\\\"Sekarang sedang dalam perbaikan, tapi tidak tahu kapan selesainya,\\\" ungkap petugas Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, saat ditemui di Bendung Katulampa, Rabu (16\/1) siang.

Andi mengatakan CCTV yang rusak berfungsi untuk memantau pergerakan ketinggian air Ciliwung. CCTV yang rusak tersebut terpasang dan mengarah ke mercu atau tiang pengukur ketinggian air sungai Ciliwung. Akibat kerusakan tersebut, petugas Bendung Katulampa harus memantau secara manual dan mendatangi mendatangi tiang pengukur ketinggian air (mercu) untuk melihat kondisi permukaan Sungai Ciliwung.

\\\"Sebelumnya untuk memantau ketinggian air cukup dilihat di layar CCTV aja, sehingga kita bisa langsung melaporkan ke pihak terkait. Tapi sejak CCTV nya rusak, setiap satu jam kita harus melihat langsung ke mercu bendung,\\\" kata Andi.

Sementara saat ini yang masih berfungsi hanya satu CCTV yang dipasang di pos pemantau dan mengarah ke Bendungan Katulampa. Menurutnya, di Bendung Katulampa terdapat empat CCTV. Namun dua dari empat CCTV yang terpasang merupakan milik PT Telkom dan tidak terkoneksi ke pos pemantauan Bendung Katulampa.

Tidak hanya CCTV, Koneksi internet yang memungkinkan masyarakat umum mengakses ketinggian Ciliwung di Bendung Katulampa dalam kondisi riil melalui situs Balai Pendayagunaan Sumber Daya Air (BPSDA) Jawa Barat, juga rusak. Bahkan, kerusakan serupa juga terjadi pada sistem informasi ketinggian air Ciliwung bisa diakses melalui pesan singkat.




(trq/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed