DetikNews
Selasa 15 Januari 2013, 14:46 WIB

FPDIP DPR Putuskan Coret Pencalonan Daming Sunusi Jadi Hakim Agung

- detikNews
FPDIP DPR Putuskan Coret Pencalonan Daming Sunusi Jadi Hakim Agung Daming Sunusi menangis/Ari Saputra
Jakarta - FPDIP DPR memutuskan mencoret Daming Sunusi dari calon hakim agung yang akan diloloskan ke MA. Pernyataan Daming soal nikmatnya pemerkosaan bisa jadi benar-benar mengkandaskan langkahnya ke MA.

\\\"Yang pertama secara resmi FPDI Perjuangan telah memerintahkan kepada anggota Poksi III PDI Perjuangan untuk tidak memilih saudara Daming Sunusi menjadi hakim agung,\\\" tegas Wakil Ketua DPR dari PDIP, Pramono Anung, kepada detikcom, Selasa (15\/1\/2013).

Daming dianggap tidak memenuhi kriteria menjadi hakim agung. \\\"Karena dianggap sebagai calon hakim agung tidak proper dan tidak memenuhi kaedah kepatutan dan juga hal sensitif yang tidak seharusnya dibercandakan,\\\" tegas Pramono.

Pramono menuturkan, Daming seharusnya lebih peka terhadap persoalan pemerkosaan. Karena selama ini korban pemerkosaan lebih banyak gadis remaja dan di bawah umur.

\\\"Yang berikutnya pasti saudara Daming tidak bisa membayangkan bagaimana kalau korbannya itu anak atau saudaranya karena banyak korban yang berusia di bawah umur dan trauma yang berkepanjangan selama hidup. Dengan demikian PDIP menolak pencalonan Daming menjadi hakim agung,\\\" tandasnya.

Sejumlah fraksi di DPR seperti FPKS, FPD, FPAN, telah mencoret Daming dari daftar calon hakim agung yang akan diloloskan. Dengan pernyataan Priyo sebelumnya yang juga Ketua DPP Golkar bidang politik, maka jelas FPG DPR ikut mencoret nama Daming.

Daming yang bercanda bahwa pemerkosaan tak perlu dihukum mati karena korban dan pelaku sama-sama menikmati juga telah meminta maaf. Sembari menangis, Daming menyesali pernyataannya di fit proper test calon hakim agung di Komisi III DPR, Senin (14\/1) kemarin.

\\\"Saya sampaikan permintaan maaf, kepada masyarakat, media massa, Komnas PA, YLBHI dan pemerhati hukum. Terus terang saya sangat membenci ucapan ini, tapi entah mengapa...,\\\" ujar Daming sambil menyeka air matanya.




(van/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed