DetikNews
Minggu 13 Januari 2013, 08:32 WIB

100-an Lukisan di Museum Haji Widayat Magelang Dicuri

- detikNews
Jakarta - Sekitar 100 lukisan koleksi Museum Haji Widayat raib. Karya seni tersebut tersebut dicuri oleh delapan orang tak dikenal.

Kejadian terjadi pada Kamis pukul 16.00 hingga Jumat pukul 03.00 WIB lalu. \\\"Penjaga museum sebanyak 3 orang, dipukul dan disekap di ruangan bagian belakang museum,\\\" ucap Direktur Museum Haji Widayat Pungki, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (13\/01\/2013).

Pungki menambahkan, pencuri tersebut berjumlah delapan orang di luar sopir dan tukang angkut. Mereka menggunakan truk untuk mengangkut ratusan lukisan itu.

\\\"Pemindahannya sangat liar sekali. Sekitar pukul 01.00 WIB. Lukisan-lukisan itu dilempar seperti melempar batu bata yang tidak ada artinya,\\\" tutur Pungki yang juga merupakan salah satu ahli waris Haji Widayat ini.

Ia sangat menyayangkan perilaku pencuri tersebut. Saat ini ia mengaku telah melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

Menurut Pungki, sebanyak 68 lukisan yang dipajang di Museum diambil oleh pencuri. Selain itu, mereka juga mengambil lukisan yang berada di gudang. \\\"Jumlah totalnya masih kita inventarisir. Ada 100 lebih,\\\" ujarnya.

Pungki menambahkan, lukisan-lukisan Haji Widayat tersebut memang sudah sejak lama menjadi sengketa bagi ahli warisnya. Para ahli waris menganggap, lukisan itu dapat diperjualbelikan. Namun menurut Pungki, Haji Widayat sudah mengamanahkan bahwa lukisan yang disimpan di museumnya itu tidak untuk diperjualbelikan.

\\\"Sebelum meninggal, Haji Widayat sudah membagi-bagi lukisannya. Sebagian lukisan yang tidak boleh dijual disimpan di museum, dan sebagian lagi diberikan kepada ahli waris. Jumlah lukisan yang diberikan kepada ahli waris jauh lebih banyak,\\\" ucapnya.

Pungki melanjutkan, museum Haji Widayat ini telah didirikan sejak tahun 1994 oleh Haji Widayat sendiri. Beliau meninggal pada tahun 2002. Dan sejak saat itu, lukisan koleksinya dibagi-bagi kepada ahli waris. Museum seluas 1 hektar tersebut terletak di Jalan Letnan Tukiyat no 32, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.




(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed