detikNews
Jumat 11 Januari 2013, 17:03 WIB

Pramono: Anggota Dewan Jangan Punya Motif Ekonomi

- detikNews
Pramono: Anggota Dewan Jangan Punya Motif Ekonomi
Bandung, - Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung Wibowo mengingatkan anggota legislatif jangan punya motif ekonomi. Hal seperti itu jelas berdampak buruk karena jadi pintu melakukan korupsi.

\\\"Jangan sampai orang masuk (jadi anggota legislatif) karena mempunyai kepentingan ekonomi sehingga melakukan abuse of power,\\\" kata Pramono usai sidang disertasi di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Jumat (11\/1\/2013).

Saat ini, banyak anggota legislatif yang punya motif ekonomi dengan tujuan memperkaya diri. Itu terlihat dari jumlah anggota legislatif yang tersandung kasus korupsi.

\\\"Kalau kita lihat periode 2004-2009 dan 2009-2014, terlihat bahwa di periode 2009-2014 ini yang terkena korupsi ini lebih banyak dan selalu berkaitan dengan badan anggaran,\\\" jelasnya.

DPR sebagai lembaga yang punya hak budgeting seolah \\\'menggiurkan\\\' untuk jadi ladang memperkaya diri. \\\"Sebagai lembaga budgeting tidak bisa dipungkiri menarik orang untuk masuk,\\\" cetus Pramono.

Itu sebabnya ia memiliki ide menerapkan sistem pemilu proporsional gabungan terbuka dan terutup dalam disertasinya. Dengan sistem itu, 50 persen anggota legislatif dipilih langsung, sisanya diusulkan parpol.

Sistem seperti itu diyakini akan membuat kualitas anggota legislatif jauh lebih baik karena partai punya kesempatan mengusulkan kader terbaiknya jadi anggota DPR atau DPRD.




(ors/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed