DetikNews
2013/01/05 10:47:07 WIB

4 Konsep Pembangunan ala Negara Asing yang Dicontek Jokowi

- detikNews
3 3. Terowongan Multiguna ala Malaysia
Halaman 4 dari 5
4 Konsep Pembangunan ala Negara Asing yang Dicontek Jokowi

Jokowi ingin membangun terowongan multiguna dari MT Haryono hingga Pluit. Ia mengatakan Pemprov DKI Jakarta menyediakan Rp 16 triliun secara multiyears 4-5 tahun.

Ide membangun terowongan raksasa yang digagas Jokowi sebenarnya pernah digagas pada zaman Gubernur DKI Sutiyoso. Proyek ini juga dinilai meniru dari proyek terowongan serupa di Kuala Lumpur, Malaysia yang disebut Stormwater Management and Road Tunnel (SMART).

"Kita pernah bahas itu, yang kita tiru adalah Malaysia. Namun terkendala masalah teknis dan ekonomis karena mahal pada saat itu," ungkap Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto saat ditemui di kantornya, Kamis (27/12/12).

Ide deep tunnel pernah mencuat di masa pemerintahan Sutiyoso. Bahkan bersama Wapres Jusuf Kalla, dia melakukan studi banding ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada Juli 2007. Deep tunnel di negeri jiran berfungsi ganda yaitu sebagai jalan raya untuk kendaraan dan bisa berubah menjadi saluran air bila banjir mengancam.

Pada masa Bang Yos, terowongan bawah tanah itu rencananya akan dibangun di Jakarta tepatnya di Jalan MT Haryono hingga Muara Angke. Dengan dibangun proyek itu, 5 masalah besar Jakarta yaitu banjir, air bersih, pengolahan air limbah, transportasi, dan utilitas umum dapat teratasi.

Ketika ditanya deep tunnel pernah dikaji mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Jokowi mengaku tidak mengetahuinya.

"Nggak tahu. Ya kalau ada berarti tinggal laksanakan tho. Saya belum tahu karena ini memang kalau itu sudah ada tinggal melaksanakan. Kalau saya, yang baik gunakan, laksanakan," jawab Jokowi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed