DetikNews
Kamis 22 November 2012, 11:50 WIB

Buruh Mulai Bergerak Menuju Istana, Jl MH Thamrin Jadi Lautan Manusia

- detikNews
Buruh Mulai Bergerak Menuju Istana, Jl MH Thamrin Jadi Lautan Manusia demo buruh (ilustrasi)
Jakarta - Ribuan buruh dari berbagai elemen mulai bergerak dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Merdeka. Akibatnya Jalan MH Thamrin menjadi lautan manusia di semua jalurnya arah ke Monas.

Pantauan detikcom, Kamis (22\/11\/2012), ribuan buruh tersebut mulai bergerak pukul 11.40 WIB. Mereka memadati semua jalur Jalan MH Thamrin hingga jalur TransJakarta arah Jalan Jenderal Sudirman. Informasi dari BLU, TransJ Koridor I (Blok M-Kota) untuk sementara berhenti beroperasi.

Tidak ada kendaraan roda empat yang terlihat dalam jalur Bunderan HI menuju Jalan Medan Merdeka Utara. Kendaraan roda empat dari arah Sudirman lebih memilih memutar di Bundaran HI mencari jalur alternatif lain. Sementara arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Jenderal Sudirman terpantau padat merayap.

Korlap aksi yang berada di mobil sound system sebagai pucuk komando mereka memandu para ribuan buruh tersebut bergerak menuju Istana Merdeka. Mereka melakukan long march sambil menyanyikan lagu-lagu penyemangat bertema buruh.

Buruh tersebut memakai seragam yang didominasi warna biru dan hitam. Mereka juga membawa sejumlah spanduk seperti \\\'Menolak Upah Buruh Murah\\\', \\\'Jalankan Ratifikasi Konvesi Kerja Layak PRT\\\', \\\'Hapus Outsourcing\\\', \\\'Jalankan Jaminan Pensiunan\\\' dan spanduk lainnya.




(mpr/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed