DetikNews
Jumat 16 November 2012, 09:17 WIB

Tahun 2009, Hakim Agung Yamani Mengaku Miliki Kekayaan Rp 1 Miliar

- detikNews
Tahun 2009, Hakim Agung Yamani Mengaku Miliki Kekayaan Rp 1 Miliar Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Pengunduran diri secara kontroversial Ahmad Yamani sebagai hakim agung seakan menjadi akhir kelam atas kariernya. Menapak sebagai hakim di pedalaman Kalimantan, dia akhirnya harus melepas toga hakim dengan menyimpan banyak tanda tanya.

Dalam catatan detikcom, Jumat (16\/11\/2012), pada awal kariernya, Yamani pernah menjadi hakim Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Usai menjadi hakim di Pengadilan Negeri (PN) Amuntai tersebut, karier pria kelahiran Birayang, 8 Maret 1945 berjalan mulus.

Seiring waktu, ayah satu anak ini pun sempat dipercaya menjadi Ketua Pengadilan di beberapa pengadilan negeri, seperti di PN Kota Baru, PN Slawi, PN Batam dan PN Sidoarjo.

Beralamat rumah di Jalan Wildan Sari II No 12, Telaga Biru, Banjarmasin Barat, karier Yamani terus meroket. Dianggap berprestasi di pengadilan tingkat pertama, dia pun diangkat menjadi hakim tinggi dan pernah bertugas di Pengadilan Tinggi (PT) Manado dan PT Denpasar.

Sebelum menginjakkan kaki di Mahkamah Agung (MA), Yamani menduduki posisi puncak sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Setelah melalui seleksi Komisi Yudisial (KY) dan DPR, Yamani pun melenggang ke pucuk peradilan tinggi di Indonesia pada 18 Februari 2010.

Tiket menuju MA dia raih setelah mengantongi 39 suara anggota Komisi III DPR. Suara Yamani menduduki posisi paling buncit dibanding 5 hakim agung lainnya yang sama-sama juga memperoleh tiket hakim agung.

Suara tertinggi diraih Salman Luthan dengan 55 suara disusul Soltoni Mohdally dengan perolehan 53 suara, Yulius, dengan perolehan 50 suara, Supandi dengan perolehan 45 suaradan Surya Jaya dan dengan perolehan 42 suara.

Saat mencalonkan diri saat memperebutkan kursi hakim agung, Yamani mengaku memiliki kekayaan sebesar Rp 1,044 miliar. Hal ini dibuktikan dengan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) per 23 Maret 2009. Dia mengaku memiliki penghasilan Rp 276 juta per tahun.

Setelah dua tahun berkarier di MA, berapa kekayaan Yamani sekarang?




(asp/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed