DetikNews
Senin 12 November 2012, 09:23 WIB

Ada Pameran Wayang di Gedung Tertinggi di Meksiko

- detikNews
Ada Pameran Wayang di Gedung Tertinggi di Meksiko istimewa
Mexico City - Sebuah kelompok kesenian Indonesia menggelar pameran wayang di gedung tertinggi di Meksiko, untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Nusantara di negara Amerika Latin tersebut.

Pameran bertajuk \\\"Exposicion de Titeres de Indonesia\\\"<\/em> itu, yang menampilkan koleksi wayang baik kulit maupun golek, dibuka pada 9 November lalu dan akan berlangsung sampai 23 November. Tempatnya adalah di galleria Itaucard<\/em> Torre Mayor, yang merupakan gedung tertinggi di Meksiko.

Dengan ketinggian 225 meter, Torre Mayor pernah jadi bangunan tertinggi se-Amerika Latin sebelum dilampaui Ocean Two (246 meter) di Panama City pada 2010. Sekitar 10 ribu pekerja dari kelas menengah diperkirakan beraktivitas dan lalu lalang di menara tersebut.

\\\"Kami memilih mengadakan pameran ini di sini antara lain karena Torre Mayor merupakan pasar promosi kebudayaan dan pariwisata yang menarik, karena kelas menengah atas di Meksiko sangat memungkinkan berwisata ke Indonesia,\\\" tutur Fitra Ismu Kusumo, salah satu pendiri Indra Swara, grup kesenian Indonesia di Meksiko City, yang menggagas pameran tersebut.

\\\"Selain itu, dengan pameran ini kami berharap masyarakat umum Meksiko dapat mengenal lebih jauh mengenai budaya Indonesia dan keragamannya, serta wayang pada khususnya, yang telah dicanangkan sebagai world heritage oleh UNESCO,\\\" tambah Fitra.

Menurut Fitra, pameran ini turut disponsori oleh sebuah bank asal Brasil, Itau Bank. Manajemen Torre Mayor pun memberi dukungan komitmen untuk membantu pengenalan budaya-budaya dunia di Meksiko.

Indra Swara, yang didirikan oleh Shawn Callahan, Emilio Esteban Gonzalez dan Fitra pada akhir 2002 di Mexico City, merupakan grup independen yang berkomitmen untuk melestarikan kesenian Indonesia, khususnya lewat gamelan dan tari. Rencananya mereka juga akan mengadakan pameran besar bertema Kebudayaan Indonesia di mal terbesar kedua di Maksiko, Mall Forum Buenavista, pada 1 Desember sampai 10 Januari mendatang.

(Lihat foto-fotonya di sini<\/strong><\/span><\/a>)





(a2s/gah)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed