detikNews
Kamis 25 Oktober 2012, 11:46 WIB

DPR Sahkan 5 Daerah Otonom Baru

- detikNews
DPR Sahkan 5 Daerah Otonom Baru
Jakarta - Rapat paripurna DPR hari ini mensahkan 5 Daerah Otonom Baru (DOB) yang sudah disepakati oleh pemerintah dan DPR dalam pembicaraan tingkat I antara Komisi II dengan Menteri Dalam Negeri. Pengesahan ini disambut meriah perwakilan masyarakat DOB yang hadir dalam rapat pripurna.

\"Kami akan menanyakan kepada fraksi dan anggota dewan apakah rancangan UU tentang daerah otonom baru dapat disetujui. Maka dengan demikian seluruh fraksi dan anggota DPR menyetujui RUU Daerah Otonom Baru untuk disahkan sebagai Undang-Undang,\" kata Pimpinan Sidang, Ketua DPR Marzuki Alie, dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Pengesahan itu disambut sukacita oleh perwakilan masyarakat dari lima Daerah Otonom Baru yang hadir dalam rapat paripurna. Mereka bertepuk tangan dan berteriak suka cita.

\"Setuju!\" kata perwakilan masyarakat yang memenuhi balkon ruang paripurna.

Kelima daerah otonom baru yang disetujui dalam paripurna itu adalah Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pesisir Barat di Provinsi Lampung, Kabupaten Manokwari Selatan di Provinsi Papua Barat, Kabupaten Pegunungan Arfak di Provinsi Papua Barat.

Ketua Komisi II Agun Gunanjar yang menyampaikan kesimpulan penetapan lima daerah otonom baru sebelum disahkan, menyatakan bahwa penetapan itu didapat setelah melalui rapat pembahasan yang panjang antara pemerintah dan DPR.

\"Setelah melalui rapat antara pemerintah dan DPR, diputuskan fraksi-fraksi dan pemerintah menyetujui lima dari sembilan Rancangan Undang-Undang tentang pembentukan daerah otonom baru,\" kata Agun

\"Dengan disetujuinya lima rancangan Undang-undang tentang pembentukan daerah otonom baru ini, kami berharap pemekaran sebagai upaya menata daerah merupakan solusi dalam mengoptimalkan pelayan publik, memperpendek rentang kendali pemerintah sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintah yang baik guna mempercepat kesejahteraan di dearah,\" imbuhnya.




(iqb/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com