DetikNews
Jumat 19 Oktober 2012, 10:51 WIB

Ketika Jokowi Cium Tangan Bibit

- detikNews
Ketika Jokowi Cium Tangan Bibit
Solo - Pelantikan Hadi Rudyatmo sebagai Walikota Surakarta menjadi ajang pertemuan Bibit Waluyo degan Jokowi. Dua pejabat politik dari PDIP tersebut sering beritegang sebelumnya. Namun kali ini dalam pertemuan sebagai sesama gubernur, Jokowi justru mencium tangan mantan atasannya tersebut.

Jokowi dan istri datang lebih awal dibandingkan Bibit Waluyo di gedung DPRD Surakarta, Jl Adi Sucipto, Solo, Jumat (19\/10\/2012). Ketika Bibit tiba di kompleks DPRD Kota Surakarta, Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam, ikut menyambut kedatangan Bibit dengan berjalan kaki menuju halaman DPRD.
.
Pada saat itulah, ketika Bibit turun dari mobil Jokowi seketika menunduk 45 derajat dan mencium tangan Bibit. Bibit yang memakai setelan jas hitam dan berdasi merah dan berpeci hitam, hanya tersenyum lebar. Di sebelah Jokowi, berdiri Rudy yang mengenakan setelan seragam walikota berwarna putih. Rudy yang bersalaman setelah Jokowi, tidak meniru jejak Jokowi. Dia hanya melakukan cipika cipiki dengan Bibit.

Peristiwa cium tangan Jokowi tersebut menjadi adegan cukup menarik, karena kedua pejabat tersebut beberapa kali terlibat ketegangan sebelumnya. Setidaknya Bibit - Jokowi terlibat tiga kali pertentangan sebagai Gubernur dan Walikota. Pertama kali ketika Bibit marah akibat Pemkot Surakarta memanfaatkan tanah milik Pemprov tanpa persetujuan terlebih dulu.

Perseteruan kedua adalah ketika Jokowi menolak pembangunan mall di bekas pabrik es Saripetojo di Solo. Dalam peristiwa itu bahkan Bibit menyebut Jokowi sebagai walikota bodoh. Sedangkan ketegangan berikutnya adalah ketika Bibit menilai Jokowi terlalu sembrono ketika berniat menggunakan mobil Esemka untuk dijadikan mobil dinas padahal belum lulus uji kelaikan jalan.




(mbr/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed