detikNews
Kamis 18 Oktober 2012, 12:44 WIB

Ahok Ajak Askes Asuransikan Kesehatan Seluruh Warga Jakarta

- detikNews
Ahok Ajak Askes Asuransikan Kesehatan Seluruh Warga Jakarta Ahok (Ramses/ detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana menjamin kesehatan seluruh warga DKI Jakarta sehingga kelak bisa berobat gratis di Puskesmas dan rumah sakit. Untuk itu Pemprov DKI menjajaki kemungkinan bersama Askes untuk merealisasikan program ini.

\\\"Kartu sehat ini kan konsepnya Pak Gubernur, hanya di-manage oleh Askes. Kita tes PT Askes sanggup nggak, memanajemenkan sistem kesehatan ini,\\\" tutur Ahok usai menggelar rapat dengan perwakilan dari PT Askes di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18\/10\/2012).

Kelak jika program ini bisa berjalan mulus, warga yang sakit bisa berobat di Puskesmas. Jika perlu tindakan medis lebih lanjut, maka warga yang sakit dapat dirujuk ke rumah sakit kelas 3.

\\\"Kita minta RS pemerintah dan swasta, semua Puskesmas, dan RS kelas 3. Tidak perlu ada data ulang, kalo Anda sakit datang saja ke Puskesmas, maka akan diterbitkan kartu sehat. Akan langsung diopname di puskesmas,\\\" jelas Ahok.

Menurut Ahok, diperkirakan warga yang mau dirawat di kelas 3 berjumlah sekitar 4 juta orang. Ahok mengenyampingkan kemungkinan ada orang kaya yang bersedia dirawat di kelas 3.

\\\"Kalau ada orang kaya yang ingin buat kartu sehat ya silakan. Tapi kan mana ada orang kaya yang mau dirawat di kelas 3. Tapi Kita tidak mau gara-gara itu kita suudzon karena dia kaya, dia mati nggak bisa berobat,\\\" katanya.

Sementara itu, Satuan Pengawas Intern PT Askes Fadilah mengaku pihaknya siap mendukung program kesehatan di DKI Jakarta. Walau pertemuan kali ini belum ada keputusan, Fadilah mengaku akan ada proses selanjutnya.

\\\"Dalam minggu depan mungkin ada pertemuan lanjutan. Pada prinsipnya semua penduduk akan dijamin kesehatannya,\\\" terangnya.





(gah/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com