detikNews
Senin 08 Oktober 2012, 12:42 WIB

Jadi Sasaran Demo Dukung KPK, Patung Polisi di Banyumas Dipindahkan

- detikNews
Jadi Sasaran Demo Dukung KPK, Patung Polisi di Banyumas Dipindahkan Patung polisi yang sempat jadi sasaran demo dukung KPK di Banyumas (arbi anugrah/detikcom)
Banyumas - Setelah sempat didemo puluhan mahasiswa dan aktivis organisasi kemasyarakatan, patung polisi di halaman Satlantas Polres Banyumas, dipindahkan. Tidak diketahui alasan dan tempat pemindahannya.

Minggu (7\/10\/2012), massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Banyumas Dukung KPK berunjuk rasa \\\'menghadap\\\' patung tersebut. Mereka memberikan bunga dan amplop bertuliskan \\\'upeti\\\' dan menempelkan 3 lembar tulisan \\\'Save KPK\\\'. Kemudian massa menghormat ke patung.

\\\"Tadi saya lewat sekitar pukul 09.00 WIB patung polisi tersebut sedang dipindahkan oleh 5 petugas kepolisian,\\\" kata Imam kepada wartawan saat melintas di halaman Satlantas Polres Banyumas, Senin (8\/10\/2012).

Barid Hardiyanto, aktivis Aliansi Masyarakat Banyumas Dukung KPK, mengatakan, yang dilakukan puluhan mahasiswa dan aktivis dukung KPK kemarin adalah aksi simbolik. Mereka menjadikan patung sebagai sasaran karena selama ini polisi yang bersih dan bebas dari korupsi hanya ada dua, yakni polisi tidur dan patung polisi.

Menurut dia, penghormatan terhadap patung polisi bertujuan agar polisi sungguhan berhenti mengkriminalisasi institusi yang berusaha membersihkan institusi kepolisian dari tindakan korupsi.

Barid menyesalkan pemindahan patung tersebut. Pemindahan itu menimbulkan pertanyaan, kenapa hingga patung polisi saja harus dipindahkan.

\\\"Kami menyesalkan sikap polisi kenapa hanya patung saja mesti dipindahkan. Mungkin ada yang tersinggung dengan aksi kemarin jadinya dipindah,\\\" jelasnya.

Aksi kemarin merupakan bentuk dukungan terhadap penyidik KPK, Kompol Novel Baswedan. Massa mengecam penggeredukan polisi ke KPK dan menilai hal itu sebagai arogansi penegak hukum.





(arb/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed