detikNews
Minggu 07 Oktober 2012, 16:21 WIB

KPK Vs Polri

Mensesneg: Presiden Tak Pernah Alpa Beri Perhatian

- detikNews
Mensesneg: Presiden Tak Pernah Alpa Beri Perhatian Aksi di Bundaran HI
Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi membantah tudingan yang menyebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sengaja mendiamkan ketegangan antara KPK dan Polri. Mensesneg menegaskan, Presiden memberi perhatian khusus atas polemik yang terjadi.

\\\"Perlu sekali lagi saya jelaskan, sejak awal terjadinya ketegangan ini tidak benar Presiden mendiamkan. Presiden tidak pernah alpa memberi perhatian seperti halnya kasus ini,\\\" kata Sudi Silalahi dalam jumpa pers di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (7\/10\/2012) pukul 16.00 WIB.

Sudi menjelaskan, ketika polemik antara dua lembaga penegak hukum muncul, Presiden langsung mengambil langkah-langkah sesuai sistem yang berlaku. Dia memastikan polemik KPK dan Polri tidak serunyam gambaran banyak orang.

\\\"Keadaan tidak serunyam yang digembar-gemborkan orang-orang tertentu,\\\" katanya.

Keterangan pers Mensesneg ini diadakan sesuai dengan arahan Presiden SBY. Hadir di dalam acara ini Jubir Kepresidenan Julian Aldrin Pasha. Tidak ada tanya jawab setelah penyampaian pernyataan Menseseneg.

Skala ketegangan antara KPK dan Polri meningkat ketika polisi dari Polda Bengkulu hendak menangkap Novel hari Jumat (5\/10) malam di Gedung KPK.

Polisi membawa surat penangkapan Novel yang disangka terlibat perkara dugaan penganiayaan berat terhadap tersangka pencurian burung walet ketika dirinya menjadi Kasat Reskrim di Polda Bengkulu pada tahun 2004.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyebut rencana penangkapan Novel adalah upaya kriminalisasi karena tidak ada bukti Novel terlibat. Upaya kriminalisasi juga ditengarai dilakukan polisi karena Novel merupakan ketua tim penyidik perkara dugaan korupsi simulator SIM.

Soal tudingan kriminalisasi, Mabes Polri membantahnya. \\\"Ini murni penegakan hukum,\\\" kata Kabareskrim Komjen Pol Sutarman.





(fdn/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com