detikNews
Senin 17 September 2012, 17:56 WIB

Demo di Kedubes AS Bubar, 8 Polisi Luka

- detikNews
Jakarta - Demonstran yang semula menggeruduk Kedubes AS telah meninggalkan lokasi. Jalan Medan Merdeka Selatan sudah sepi dari demonstran. 8 Polisi terluka akibat lemparan batu para demonstran, sementara itu 4 orang diamankan.

\\\"Baru 4 yang kita bawa dan kita periksa,\\\" ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Untung S Rajab, di lokasi, Senin (17\/9\/2012). Informasi yang diterima wartawan, keempat orang yang belum diketahui identitasnya itu diamankan karena membawa batu.

\\\"8 Polisi luka,\\\" imbuh Untung.

Untung berjanji akan menyelesaikan kasus kericuhan demonstrasi tersebut. Penyelidikan akan dilakukan, dan siapa saja yang melanggar hukum akan ditindak, tidak peduli polisi maupun masyarakat.

Informasinya ada peluru tajam dari petugas? \\\"Info saja dipercaya, kita lihat,\\\" kata Untung.

Petugas akan tetap berjaga di Jalan Medan Merdeka Selatan sampai pukul 18.00 WIB. Sebab menurut aturan selepas pukul 18.00 WIB tidak boleh ada demonstrasi.

Pantauan detikcom di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, demonstran mundur dari depan Balai Kota DKI pada pukul 16.45 WIB. Mereka sempat berdiam diri sekitar 5-10 menit saat Kapolda Metro meminta mundur.

Kapolda Metro Jaya, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suhardi Alius, dan Karo Ops Kombes Agung Budi Maryoto, sempat duduk-duduk bersama polisi lainnya. Bahkan Kapolda sampai menghabiskan satu batang rokok saat mengobrol bersama anggotanya.

Demonstran berunjuk rasa di Kedubes AS terkait film \\\'Innocence of Muslims\\\'. Sebab pembuat video yang dinilai melecehkan umat Islam itu adalah warga negara AS.

Seperti diberitakan, cuplikan film \\\'Innocence of Muslim\\\' telah menyulut aksi unjuk 
rasa di berbagai negara di Timur Tengah. Bahkan aksi protes di Libya memakan korban 
yaitu tewasnya Dubes AS dan beberapa staf kedutaan.




(vit/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com