detikNews
Jumat 14 September 2012, 20:29 WIB

Foke: Proyek Monorail Kegagalan Swasta, Bukan Pemerintah

- detikNews
Foke: Proyek Monorail Kegagalan Swasta, Bukan Pemerintah
Jakarta - Terkait pembangunan monorail yang hingga saat ini belum terselesaikan, calon gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) mengatakan, hal itu bukanlah kesalahan pemerintah provinsi. Namun hal itu disebabkan karena ketidaksanggupan investor untuk menyelesaikan proyek moda transprtasi cepat tersebut.

\"Persoalan monorail itu berpulang pada investor, kegagalan itu ada di investor. Solusi yang kita tawarkan adalah solusi yang tidak membebankan warga Jakarta,\" jelas Foke dalam acara debat visi dan misi yang diselenggarakan oleh KPU DKI Jakarta di Grand Melia Hotel Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (17/9/2012).

Foke menegaskan, tidak ada pihak swasta yang bisa membiayai proyek transportasi tersebut. Dia pun kembali menggalakkan agar proyek tersebut harus dikelola sepenuhnya oleh pemerintah. Oleh karena itu, untuk mensiasati penundaan proyek monorail tersebut, Foke lebih fokus terhadap moda transportasi Bus TransJ.

\"Tidak ada swasta yang bisa membiayai, pengalaman jangan terulang, ini harus proyek pemerintah, oleh karena itu kita peduli busway, sistemnya lebih mudah. Subsidi yang diharapkan dari proyek ini terlalu besar, sehingga ini akan menjadi beban bagi warga Jakarta. Mana ada subsidi diberikan pada pengelola swasta. Ini tidak adil, tidak berpihak pada rakyat,\" jelasnya.




(jor/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com