DetikNews
Selasa 11 September 2012, 12:19 WIB

Prabowo Dicegat Mahasiswa Saat Hendak Beri Kuliah Umum di Undip

- detikNews
Prabowo Dicegat Mahasiswa Saat Hendak Beri Kuliah Umum di Undip Foto: angling adhitya p/detikcom
Semarang - Sejumlah mahasiswa terlihat berdiri di bundaran depan gedung Prof Soedarto Universitas Diponegoro (Undip) Semarang untuk menunggu Prabowo Subianto yang akan memberikan kuliah umum. Namun mahasiswa tersebut bukan menanti kuliah dari Prabowo tapi justru akan mencegahnya masuk ke Undip.

Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM Undip tersebut membawa spanduk-spanduk dan berteriak menolak kedatangan Prabowo.

\\\"Ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa Prabowo masih punya dosa terkait reformasi tahun 1998 dan penculikan aktivis serta pelanggaran HAM di Timor-timur,\\\" kata kordinator aksi, Reza Auliarahma di depan gedung Prof Soedarto, Undip, Tembalang, Semarang, Selasa (11\/9\/2012)

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut sebelumnya melakukan seremonial peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan di Fakultas Ilmu Budaya Undip. Usai peletakan batu pertama, Prabowo dan rombongan menuju gedung Prof Soedarto.

Saat melewati bundaran di depan gedung Prof Soedarto, mahasiswa mulai berorasi dan hendak turun ke jalan menghadang mobil Alphard hitam bernopol H 999 DH. Namun aksi mencegat mobil tersebut gagal karena mahasiswa kalah cepat dengan laju mobil yang dikawal Menwa dan polisi itu.

Meski gagal, mereka tetap berorasi dengan tema menyembuhkan budaya lupa. \\\"Kita sebenarnya tidak menolak Prabowo datang, tapi menolak budaya lupa. Ia berperan dalam pelanggaran HAM di Timor-timur. Pemerintah pun seharusnya jangan lupa. Kami mahasiswa mewanti-wanti soal HAM,\\\" imbuh Hendri Ariwibowo, Menlu BEM KM Undip.

Walaupun sempat mendapat penolakan, kuliah umum yang diadakan FIB Undip tersebut tetap berlangsung sesuai rencana. Dalam kuliah umumnya, Prabowo mengambil tema \\\"Revitalisasi Kebudayaan Nasional Landasan Untuk Membangun Indonesia Baru Abad XXI\\\".

Acara tersebut dihadiri lebih dari 1000 mahasiswa. Bahkan puluhan mahasiswa rela berdiri untuk mengikuti kuliah umum dari Prabowo Subianto.





(alg/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed